KambingPeternakan

Ternak Kambing Etawa Banyak Berkembang di Tanah Indonesia

Ternak Kambing Etawa banyak berkembang di tanah Indonesia. Peternak kambing etawa kini tersebar di wilayah  Jawa Timur, mulai Kediri, Blitar, Malang, Jombang dan sekitarnya. Banyak yang belum kenal jenis ambing etawa ini.

Kambing etawa adalah kambing yang didatangkan dari India yang juga disebut kambing Jamnapari. Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 sentimeter hingga 127 sentimeter dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter.

 

Baca juga:

Pemilihan Bibit Ternak Kambing Sehat dan Produktif

Cara Efektif Meningkatkan Produksi Susu Kambing

Beberapa Manfaat Tetes Tebu / Molase Untuk Ternak Sapi dan Unggas

Silase Jerami Sorgum Untuk Pakan Ternak Sapi

 

Ciri Fisik Kambing Etawa

 

Berat atau bobot kambing etawa jantan bisa mencapai 91 Kg, sedangkan etawa betina rata-rata mencapai 63 kg. Ciri telinga panjang dan menjulur ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari. Keturunan silangan (hibrida) kambing etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai kambing “Peranakan etawa” atau “PE”. Kambing PE berukuran hampir sama dengan etawa namun lebih adaptif terhadap lingkungan lokal Indonesia.

Baca Juga :  Manfaat Molase / Tetes Tebu Sebagai Campuran Pakan Ternak

 

Peranakan Kambing Etawa (PE)

 

Sebenarnya kambing PE adalah ternak yang cukup potensial sebagai penyedia protein hewani baik melalui daging maupun susunya. Sementara ini, pengembangan kambing PE sebagai penghasil susu belum serius diperhatikan dan pemeliharaan masih bersifat tradisional.

Pada dasarnya  rumput lapangan belum bisa mencukupi kebutuhan fisiologis ternak terutama dari sumber energi dan protein. Di satu sisi, ternak yang sedang laktasi terutama pada 8 minggu pertama masa laktasi aktivitas metabolisme kelenjar ambingnya meningkat.

Untuk itu, diperlukan pasokan nutrien yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan ternak untuk sintesis air susu. Namun di sisi lain, pada awal laktasi induk kambing sangat sensitif terhadap kekurangan protein dan energi sehingga nafsu makan menurun.

Telah ketahui bahwa kualitas hijauan di daerah tropis adalah rendah, sehingga jumlah hijauan yang dikonsumsi tidak mampu memenuhi kebutuhan ternak akan energi di luar kebutuhan hidup pokok ternak. Ketersediaan karbohidrat mudah terlarut pada hijauan adalah rendah.

Baca Juga :  Tips Sukses Budidaya Ternak Burung Walet Secara Modern

Karena itu, suplementasi konsentrat yang mengandung campuran bahan-bahan sumber energi, protein  serta mineral (mikro dan makro) merupakan salah satu  solusi untuk dapat meningkatkan produk fermentasi rumen yang pada tahap selanjutnya bisa menyediakan nutrien yang cukup untuk pembentukan air susu.

Konsentrat menjadi sumber karbohidrat yang mudah larut, protein lolos degradasi,  dan sebagai sumber glukosa untuk bahan baku produksi susu. Konsentrat memperluas peluang terbentuknya asam lemak atsiri (volatile fatty acid = VFA) terutama asam propionat yang lebih banyak dengan produksi metan semakin kecil, sehingga efisiensi penggunaan energinya lebih tinggi.

 

Beberapa Manfaat dan Khasiat Susu Kambing Etawa

 

  • Punya rantai asam lemak yang lebih pendek dari pada susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh sistem pencernaan manusia
  • Molekul proteinnya lebih halus dari pada susu sapi, jadi lebih mudah diserap usus, hanya perlu waktu 20 menit saja (sedangkan susu sapi perlu waktu 120 menit! atau 2 jam!)
  • Kandungan asam lemak rantai pendek seperti asam kaprik dan kaprylik yang tinggi, mampu menghambat tumbuhnya jamur Candida dan infeksi jamur yang disebabkannya.
  • Susu kambing tidak mengandung agglutinin, yaitu senyawa yang membuat molekul lemak menggumpal seperti yang terjadi di dalam susu sapi.
  • Anak-anak yang diberi konsumsi susu kambing memiliki pertumbuhan fisik jauh lebih baik, pertambahan berat badan dan kepadatan tulang yang lebih baik, kadar hemoglobin darah merah yang meningkat serta kecukupan akan Vitamin A, B, dan D yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.
Baca Juga :  Kandungan Tetes Tebu dan Manfaatnya di Industri Peternakan dan Pertanian

 

Demikian tadi yang bisa kami ulas tentang Ternak Kambing Etawa Banyak Berkembang di Tanah Indonesia,  berikutnya kita bahas tentang modal dan cara ternak kambing etawa tanpa ngarit dan pemula, cara sukses ternak kambing etawa, investasi dan harga kambing etawa,

 

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close