Kabupaten Blitar Berperan Aktif Dalam Industri Budidaya Sarang Burung Walet

Diposting pada

Kabupaten Blitar pernah mencoba berperan aktif dalam industri ini, misalnya dengan membuat buku, dan mengadakan seminar tentang bagaimana budidaya sarang burung walet, namun secara  keseluruhan pemerintah kabupaten Blitar tidak memainkan peranan besar dalam industri tersebut.

Peran pemerintah kabupaten Blitar dihalangi oleh para pemilik gedung burung walet yang sudah berhasil, karena mereka tidak ingin pihak kabupaten terlibat dalam industri ini, sebab pemilik gedung walet khawatir jika mereka harus membayar lebih banyak uang pada pihak kabupaten. Sebagian besar pemilik gedung walet selalu berkata kepada pihak kabupaten bahwa gedung walet mereka belum berisi sarang burung walet dan belum panen sehingga mereka tidak harus membayar retribusi.

Baca :  Desain Rumah Walet dan Lokasi Gedung Sarang Burung Walet

 

Tetapi tidak semua pemilik gedung walet tidak ingin kabupaten ikut berperan dalam industri ini, misalnya orang-orang yang gedung waletnya belum berhasil, jadi mereka ingin mendapat bantuan dari pihak kabupaten.

Namun sebagian besar pemilik tidak ingin dibantu oleh kabupaten dan pemilik gedung walet ini tidak bersedia membantu kabupaten dengan memberikan data jumlah kilogram sarang yang mereka hasilkan, sehingga pihak kabupaten tidak bisa membuat data tentang jumlah total sarang yang dihasilkan di Blitar.

Baca :  Harga Terkini Sarang Walet dan Sriti Area Jatim

Bagaimanapun, jika kabupaten membuat hukum mengatakan bahwa pemilik gedung walet seharusnya membuka pintu gedung kepada kabupaten dan kabupaten secara terus menerus membuat pemilik membayar retrobusi kepada kabupaten, kemudian uang ini bisa membantu kabupaten membuat industri ini bertambah.

Kabupaten Blitar Berperan Aktif Dalam Industri Budidaya Sarang Burung Walet

Tinggalkan Balasan