Toga, Herbal & Kesehatan

Cara Membuat Infused Water, Air Putih Yang Lebih Menggoda Selera

Indonesia merupakan negara tropis dimana intensitas sinar mataharinya lebih banyak dibandingkan negara subtropis. Ketika siang, apalagi di musim kemarau, banyak orang mencari minuman yang meyegarkan. Umumnya minuman segar cenderung mengandung banyak gula, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang kelebihan gula di dalam tubuh. Kelebihan gula dapat menyebabkan penyakit diabetes yang sangat berbahaya. Nah terus solusinya bagaimana? Sekarang ada alternatif lainnya yang dapat memuaskan dahaga tanpa khawatir gula atau minuman bersoda, yaitu dengan Infused Water.

 

Apa Itu Infused Water?

 

Infused Water adalah air putih biasa yang dipadukan dengan potongan buah atau sayur. Minuman ini diklaim memiliki manfaat yang sangat banyak sehingga membuatnya lebih populer dan sangat dinikmati. Tak perlu khawatir bosan dengan infused water, karena infused water dapat dikombinasikan dari berbagai macam buah. Kombinasi buah mempengaruhi manfaatnya, jadi gunakan buah/sayur sesuai dengan kebutuhan anda. Ayo mulai nikmati infused water yang berbeda tiap harinya.

Infused water bisa menjadi tips untuk memenuhi kebutuhan air dalam sehari, karena kamu mungkin bosan dengan air putih biasa yang tak berasa. Dengan adanya Infused water, kamu lebih giat untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Kebutuhan air tercukupi, hidup lebih sehat, dan segar dahaga terpuaskan.

Baca Juga :  3 Macam Resep Minuman Infused Water untuk Kekebalan Tubuh

 

Bagaimana Cara Membuat Infused Water Sendiri?

Untuk membuat Infused Water, kamu membutuhkan beberapa bahan antara lain :

  • Herba (daun-daunan atau rempah-rempah). Bahan ini merupakan opsional/tambahan. Kamu bisa tidak menggunakan herba, tapi dengan menambah herba tentunya dapat melengkapi rasa buah dan manfaat kesehatannya. So, herba juga penting ditambahkan ke infused water kamu.
  • Buah. Seperti yang kamu ketahui, buah adalah komponen utama dalam membuat infused water. Buah apa yang dipilih? Jawabannya depends on what fruit you really like. Kamu bisa menggunakan buah sesuai dengan kesukaanmu dan manfaat apa yang ingin kamu dapat. Namun ada beberapa buah yang sebaiknya kamu hindari untuk infused water, salah satu contohnya adalah pisang. Pisang lebih cocok untuk smoothies. Tips memilih buah untuk infused water adalah pilih buah yang sudah matang, karena buah matang baik untuk rasa dan tingkat manisnya.
  • Jar. Kamu tak harus memakai jar. Tapi dengan menggunakan jar, kamu bisa melihat betapa cantiknya potongan buah yang berenang di dalam jar. Tentunya ini akan membuat kamu lebih bangga dengan kreasi infused watermu. Sebagai catatan, Jar cocok digunakan bagi kamu yang sering berada di dalam ruangan.
  • Botol Air. Wadah ini cocok untuk kamu yang sering berada di luar ruangan, sehingga lebih mudah untuk membawanya tanpa merasa kerepotan.
  • Air. Jangan melupakan air yaa.. Air juga merupakan komponen utama. Tanpa air, kamu tidak dapat membuat infused water. Pastikan air yang kamu gunakan bersih dan sehat ya..
Baca Juga :  Apa Saja Manfaat Es Batu Bagi Kecantikan? Simak Disini

 

Cara Membuat Infused Water :

 

  1. Cuci buah atau herba yang dipilih.
  2. Potong buah dan herba. Untuk buah jenis jeruk, dipotong tipis-tipis. Untuk buah yang besar, dipotong kotak-kotak kecil. Sedangkan dedaunan bisa disobek.
  3. Masukkan buah dan herba ke dalam wadah atau jar atau botol.
  4. Tuang air putih.
  5. Tutup wadah.
  6. Masukkan ke dalam kulkas 2 jam atau semalaman.
  7. Infused water siap dinikmati.

 

Berapa Lama Kamu Harus Merendam Buah atau Herba ?

 

Pertanyaa ini sering bersarang di kepala beberapa orang. Kamu mungkin salah satunya. Cara baik adalah dengan merendamnya selama 1-2 jam pada suhu ruang. Jika kamu masukkan ke dalam lemari es maka, butuh waktu 2-4 jam agar rasa dan warnanya keluar. Tapi jika kamu ingin rasanya lebih khas dan nendang, kamu bisa merendamnya semalaman atau maksimal 12 jam.

Baca Juga :  Teknik Dasar Pencegahan Penularan dan Penyelamatan Diri dari Covid-19

 

Kenapa Infuse Water Kamu Pahit?

Kamu telah mencoba sesuai panduan tapi yang kamu rasakan adalah pahit. Kenapa? Mungkin buah yang kamu gunakan adalah jenis jeruk. Nah itu wajar jika terasa agak pahit, karena kulit jeruk membuat rasa sedikit pahit. Solusinya adalah dengan menghilangkan kulitnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam air. Tada… rasa pahitnya tidak akan mengganggu infused water kamu.

 

Pakai Air Dingin Atau Panas?

Sebenarnya menggunakan air panas hanya akan merusak enzim dan vitamin yang terkandung. Cara terbaiknya adalah dengan menggunakan air suhu ruang atau air dingin. Air suhu ruang dan air dingin tak akan mempengaruhi manfaat infused water kamu.

 

Demikian serba-serbi tentang Infused Water, Air Putih Yang Lebih Menggoda Selera. Mengingat manfaatnya yang cukup banyak, kamu bisa mulai membuatnya sebagai minuman penyegar. Selamat mencobanya..

 

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close