3 Manfaat Tanaman Calincing Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

3-Manfaat-Tanaman-Calincing-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Yenisafira.com – Calincing (Oxalis corniculata) merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Oxalidaceae dan tanaman calincing termasuk ke dalam genus Oxalis. Tanaman calincing ini memiliki buah yang rasanya masam dan sering kali dijadikan sebagai tanaman obat tradisional oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.

Nah, sekarang saya akan menjelaskan manfaat tanaman calincing untuk menyembuhkan penyakit. Jika Anda ingin tahu apa saja manfaat tanaman calincing untuk menyembuhkan penyakit, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman calincing untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta cara pengobatannya.

1. Untuk Melancarkan Haid

Caranya petik daun calincing secukupnya dan dianginkan-anginkan sampai daun calincingnya kering. Jangan dijemur. Lalu giling-gilingkan daun calincing yang sudah kering tersebut hingga menjadi bubuk, kemudian campurkan bubuk tanaman calincing dengan arak putih, takarannya yakni 1 sloki arak putih untuk setiap 9 gr bubuk. Setelah itu minum ramuan tersebut sebelum sarapan pagi.

Baca :  Manfaat Putih Telur Bagi Kecantikan Kulit Wajah

2. Untuk Mengobati Sakit Perut, Diare dan Sariawan

Caranya sediakan 30-40 gr daun calincing dan cucikan daun calincing sampai bersih, lalu rebuskan daun calincing dengan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan biarkan airnya tersisa menjadi setengah. Setelah itu minum ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Untuk Mengatasi Hepatitis Kronis

Cara pengobatannya yaitu sediakan kira-kira 30-40 gr tanaman calincing, lalu cuci sampai bersih dan rebuskan dengan 2 gelas air, tunggu sampai ramuannya mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa menjadi setengahnya. Setelah dingin, minum air ramuan tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari, masing-masing dengan takaran 1/2 gelas.

Nah, itulah manfaat tanaman calincing untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.