Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian Serta Manfaat Tanaman Mahoni

Khasiat untuk pengobatan kencong manis, rematik, demam

Mahoni (Swietenia mahagoni Jacq.) adalah salah satu tumbuhan yang termasuk ke dalam suku Meliaceae. Tanaman mahoni ini berasal dari Hindia Barat dan dapat tumbuh subur dipasir payau dekat pantai. Mahoni ini ditemukan tumbuh liar dihutan jati dan ditempat-tempat yang dekat dengan pantai serta ditanaman ditepi jalan sebagai pohon pelindung.

Pohon mahoni ini dapat tumbuh mencapai tinggi 5 – 25 m. Batang mahoni ini berbentuk bulat, berakar tunggang, banyak percabangan dan kayunya bergetah. Daun majemuk dan menyirip genap. Helaian anak daunnya berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya berbentuk runcing, serta memiliki panjang 3 – 15 cm.

Baca Juga :  Menyembuhkan Sakit Kepala dan Rematik Dengan Menggunakan Daun Ubi Kayu

 

Kelopak bunganya lepas satu sama lain dan berwarna hijau. Bunga majemuk tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Mahkota silindris dan berwarna kuning kecokelatan. Mahoni akan berbunga setelah 7 tahun. Buahnya buah kotak, berbentuk bulat telur dan berwarna cokelat. Biji pipih dan berwarna cokelat atau hitam.

Selain itu, tumbuhan mahoni ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut, dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman mahoni bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Hindari Berlebihan Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Detak Jantung

 

Kencing Manis

Caranya ialah seduhkan 1/2 sdt serbuk biji mahoni dengan 1/3 cangkir air panas. Lalu minum ramuan tersebut selagi masih hangat, 30 menit sebelum makan. Minumlah ramuan tersebut 2 kali dalam sehari.

 

Rematik dan Eksim

Caranya yaitu seduhkan 1/2 sdt serbuk biji mahoni dengan 1/2 cangkir air panas. Selagi ramuan tersebut masih hangat, tambahkan dengan 1 sdm madu, lalu adukkan sampai rata, kemudian minum ramuan tersebut sekaligus. Lakukanlah cara ini sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari.

Baca Juga :  Work Form Home (WFH) Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19

 

Demam dan Masuk Angin

Caranya ialah seduhkan 1/2 sdt biji mahoni dengan 1/4 cangkir air panas. Selagi masih hangat, tambahkan 1 sdm sambil diaduk dengan rata dan minum sekaligus. Lakukanlah cara ini sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Nah, itulah pengertian dari tanaman mahoni. Sekarang Anda sudah tahukan bahwa tanaman mahoni ini memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close