Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian Dari Melati dan Ciri-Ciri Dari Melati

Melati atau nama latinnya (Jasminum sambac) merupakan genus dari semak dan merupakan tanaman merambat yang berasal dari keluarga zaitun (oleaceae). Tanaman ini hidup didaerah beriklim tropis dan tanaman ini berasal dari Asia (India, Cina, Malaya, Filipina dan Indonesia).

Dalam bahasa Jawa melati ini disebut sebagai Melur, jika dalam bahasa Bali disebut Menuh, dalam bahasa Sunda disebut Malati dan dalam bahasa Madura melati disebut sebagai Malate.

Pengertian-Dari-Melati-dan-Ciri-Ciri-Dari-Melati

Kandungan yang terdapat dalam melati antara lain indole, asetat benzilic, alkohol benzilic, jasmon, livalylacetaat, linalcohol dan minyak eteris.

Ciri-ciri melati ini antara lain memiliki bulu halus dan jarang dibatangnya, daunnya majemuk menyirip (pinnatus), setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran, ujung daunnya sedikit meruncing, bunga melati ini berwarna putih dan mengeluarkan berbau harum. Tanaman ini berbunga sepanjang tahun.

Baca Juga :  Mengobati Rematik Disentri dan Rabun Senja Dengan Menggunakan Tanaman Meniran

Manfaat melati untuk kesehatan antara lain dapat mengurangi kolestrol, mengurangi pilek atau flu, menurunkan berat badan, anti bakteri, mengatur sirkulasi, mengatur produksi insulin, mengobati sengatan lebah atau serangga, mengatasi susah tidur,menyeimbangkan gula darah, mengobati radang usus, mengobati radang ginjal, mengobati radang usus dan dapat menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.

Selain itu, daun melati juga dapat menghentikan ASI yang berlebihan dan mengobati sesak nafas. Cara untuk menghentikan ASI antara lain cuci daun melati terlebih dahulu hingga bersih, lalu haluskan daun melati dengan cara dipipiskan, kemudian oleskan pada disekitar buah dada. Lakukanlah cara ini secara rutin, dengan melakukannya satu kali setiap hari sebelum mandi pagi.

Baca Juga :  Mau Lebih Tau Lagi Tentang Apa Itu Bayam Duri? Baca Disini

Dan cara untuk mengobati sesak nafas antara lain cuci daun melati terlebih dahulu sampai bersih, rebus daun melati dan campurkan dengan garam dan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tunggu sampai airnya tersisa menjadi satu gelas, kemudian angkat dan dinginkan air, setelah itu saringkan dan ambil airnya, lalu diminum. Lakukan cara ini secara rutin dengan minum dua kali sehari setengah gelas yaitu pagi dan sore.

Baca Juga :  Manfaat Srikaya Untuk Kesehatan Anda

Melati juga memiliki manfaat untuk kecantikkan antara lain mencegah penuaan, membuat rambut menjadi kuat, membuat masker tubuh, menghilangkan jerawat diwajah dan melati ini dapat meringankan kulit yang terbakar.

Nah, itulah pengertian dari melati serta kandungan yang dimilikinya, ciri-cirinya, dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan. Ada juga cara untuk menghentikan ASI dan mengobati sesak nafas dengan menggunakan daun melati. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close