Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian dan Manfaat Tanaman Tasbeh

Pengertian-dan-Manfaat-Tanaman-Tasbeh
Tasbeh (Canna indica L.) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Amerika Tropis dan bisa Anda temukan dari dataran rendah sampai ketinggian yang mencapai 1.000 m dpl. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur ditempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari. Tanaman tasbeh ini tumbuh liar dihutan dan pengunungan. Tanaman tasbeh ini seringkali kita temukan sebagai tanaman hias diperkarangan atau ditaman.
Tumbuhan terna tahunan ini tumbuh tegak dengan tinggi yang mencapai 2 meter, memiliki rimpang tebal seperti umbi. Daunnya tunggal, berbentuk bulat telur memanjang, bertangkai pendek menjadi pelepah, ujung dan pangkalnya runcing, menyirip jelas, berwarna hijau atau berwarna merah tengguli, memiliki panjang yang mencapai 25 – 7 cm dan memiliki lebar yang mencapai 8 – 21 cm, serta berlilin.

Baca Juga :  Menghilangkan Kulit Kaki yang Kering dan Bersisik Dengan Cara Alami

Bunganya majemuk. tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan dan muncul terminal. Mahkota bunga besar dengan memiliki warna-warna yang cerah seperti merah, dadu dan kuning. Buahnya serupa buah kotak, berbentuk bola, dinding buah kasar dan keras.

Bagian dari tanaman tasbeh yang dapat kita gunakan sebagai obat adalah bunga kering dan rimpangnya yang masih segar atau yang sudah kering.

Ada juga manfaat tanaman tasbeh bagi kesehatan Anda. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman tasbeh bagi kesehatan Anda.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud Dengan Tumbuhan Patah Tulang? Simak Sini

01. Mengobati Wasir

Caranya ialah sediakan 60 gram rimpang tasbeh dan cucikan sampai bersih, lalu potong tipis-tipis. Kemudian rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum 2 kali sehari hingga sembuh, masing-masing 1/2 gelas.

02. Mengatasi Darah Haid Banyak dan Batuk Darah

Caranya ialah rebuskan tasbeh yang sudah kering sebanyak 10 – 15 gram dengan 2 gelas air, tunggu sampai airnya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum sekaligus. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Baca Juga :  Apa Saja Manfaat Es Batu Bagi Kecantikan? Simak Disini

03. Mengobati Keputihan

Caranya ialah sediakan rimpang tasbeh yang sudah kering, ketan dan daging ayam masing-masing sebanyak 30 gram. Cucikan rimpang tasbeh dan daging ayam sampai bersih, lalu iriskan tipi-tipis. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam mangkuk email, tambahkan air sampai semua bahan terendam dan permukaan air kira-kira 2 cm diatasnya, lalu ditimkan. Setelah masak, semua bahan bisa dimakan sekaligus. Lakukan cara ini setiap hari sampai sembuh.

Nah, itulah manfaat dari tanaman tasbeh bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close