Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat Dari Tumbuhan Sidaguri

Sidaguri (Sida rhombifolia L.) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam suku Malvaceae. Tanaman sidaguri ini tumbuh liar ditepi jalan, ladang, hutan, halaman berumput, ditempat yang terkena sinar matahari cerah atau sedikit terlindung. Tanaman ini tersebar pada daerah yang tropis diseluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl.

Manfaat-Dari-Tumbuhan-Sidaguri

Herba sidaguri ini rasanya manis, pedas, sifatnya sejuk, masuk meridian jantung, hati, paru-paru, usus besar dan usus kecil. Sidaguri berkhasiat sebagai antiradang, peluruh kencing, penghilang nyeri, peluruh haid dan pelembut kulit.

Sedangkan akar sidaguri ini rasanya manis, tawar dan sifatnya yang sejuk. Berkhasiat sebagai mempercepat pematangan bisul, antiradang, abortivum dan berkhasiat untuk merangsang enzim pencernaan Anda.

Kandungan kimia yang terdapat pada daun sidaguri 

Kandungan kimia yang terdapat pada daun sidaguri antara lain adalah alkaloid, kalsium oksalat, tanin, fenol, saponin, minyak asiri dan asam amino. Pada batang sidaguri mengandung kalsium oksalat dan tanin. Sedangkan pada akar sidaguri mengandung steroid, alkaloid dan efedrine.

Baca Juga :  Apa Saja Kandungan Serta Ciri-Ciri Wortel?

Beberapa manfaat tanaman sidaguri bagi kesehatan 

Berikut dibawah ini simaklah dengan baik beberapa manfaat tanaman sidaguri bagi kesehatan Anda. Jadi simaklah dengan baik dibawah ini manfaat tanaman sidaguri bagi kesehatan Anda.

01. Mengatasi Kulit Gatal dan Kurap Pada Kepala

Caranya ialah cucikan daun sidaguri yang masih segar secukupnya, lalu tumbukkan sampai halus. Kemudian tambahkan dengan minyak kelapa dan adukkan sampai rata. Setelah itu, oleskan pada kulit yang gatal atau kurap. Ulangi cara ini 3 kali sehari sampai sembuh.

Baca Juga :  Manfaat Kayu Putih Untuk Berbagai Macam Penyakit

02. Mengatasi Sesak Napas

Caranya ialah sediakan akar sidaguri sebanyak 60 gram dan potong tipis, lalu tambahkan dengan gula pasir sebanyak 30 gram, kemudian rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

03. Mengobati Luka Berdarah

Caranya yaitu cucikan akar sidaguri yang masih segar secukupnya, lalu tumbukkan sampai halus, kemudian tempelkan pada luka yang berdarah, setelah itu dibalutkan.

04. Mengatasi Rematik

Caranya sediakan akar sidaguri yang masih kering sebanyak 30 gram dan cucikan sampai bersih, lalu iris tipis-tipis. Kemudian rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saringkan dan minum secara rutin 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Baca Juga :  Bumbu Dapur Obati Rematik, Buat Apa Obat Mahal

05. Mengatasi Ekzema

Cara pengobatannya yaitu cucikan herba sidaguri yang masih segar sebanyak 60 gram, lalu potong-potong seperlunya. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan dengan air masak sampai terendam seluruhnya dan timkan. Setelah ramuannya dingin, minum ramuannya.

Nah, itulah lima manfaat dari tanaman sidaguri yang bisa saya jelaskan secara singkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih bagi Anda yang telah mengunjungi blog saya.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close