Perkebunan

Mengenal Buah Mangga Unggulan di Jawa Timur

Mengenal Buah Mangga di Jawa Timur. Buah mangga adalah jenis buah yang termasuk dalam genus Mangifera, dengan sebaran sekitar 40 species, berasal dari daerah sekitar perbatasan India dengan Burma, dan sejak 1500 tahun lalu menyebar ke seluruh Asia Tenggara.

 

Indonesia adalah satu negara penghasil mangga di dunia

Indonesia adalah satu negara penghasil mangga di dunia selain India, China, Thailand, Pakistan, Bangladesh, Brazil, Meksiko dan negara-negara lainnya. Kebanyakan mangga di Indonesia dipanen dari pohon  milik individu yang ditanam di halaman rumah ataupun diperkebunan yang dikelola dengan  sederhana dan tidak intensif sehingga variasi dan  kualitas buah mangga pun sangat tinggi.

 

Baca juga:

Minuman Sehat, Khasiat Infused Water Beserta Kombinasinya

5 Resep Jus Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kabupaten Probolinggo Penghasil mangga terbesar di Provinsi Jawa Timur

Kabupaten Probolinggo dikenal luas sebagai daerah penghasil mangga terbesar di Provinsi Jawa Timur. Data Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan Kabupaten Probolinggo menunjukkan, setidaknya ada lebih satu juta pohon mangga tersebar di 21 kecamatan di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Buah Naga Kuning, Hormon Giberelin Berperan Penting dalam Pembesaran Buah

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan tanaman mangga mulai ditanam di wilayah Jawa Timur. Menurut informasi dari beberapa Key Informant, tanaman mangga sudah tumbuh dan berkembang secara tersebar di kabupaten-kabupaten di wilayah Jawa Timur sejak zaman penjajahan Belanda.

 

Sejak dulu, mangga telah diproduksi di beberapa kabupaten diantaranya Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, Gresik, Kediri, Tuban, Madiun, dan Nganjuk. Daerah tersebut lah yang diklaim sebagai daerah pertama penanaman mangga di Jawa Timur. Namun dari empat kabupaten sentra produksi saat ini, daerah pertama untuk pengembangan produksi mangga di Jawa Timur yaitu Probolinggo. Pasuruan dan Situbondo dikenal sebagai daerah pengembangan setelah Probolinggo.

 

Probolinggo sudah dikenal sebagai daerah sentra mangga sejak Tahun 1970an, sementara untuk Situbondo dan Pasuruan setelah Tahun 1980an, dan Bondowoso merupakan daerah yang pemasaran mangganya dilakukan oleh Situbondo sehingga sampai saat ini Bondowoso masih belum dikenal secara luas sebagai daerah produsen mangga Jawa Timur.

Baca Juga :  Perbedaan Hasil Penggunaan Pupuk Organik Dan Pupuk Kimia

 

Pesan Pakde Karwo

Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) Soekarwo meminta agar masyarakat Jatim mencintai produk-produk pertanian dalam negeri, khususnya produk jawa timur.

Soekarwo mengimbau, dimasa panen raya sudah seharusnya warga Jatim lebih mencintai produk dalam negeri daripada produk impor. Ini karena ketika era kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara (AFTA) 2015 dibuka maka keran barang-barang produk luar negeri akan bebas masuk. Didalam persaingan ini, kita harus mencintai dan memilih produk pertaian, baik buah, sayur, ternak serta produk pangan yang lainya.

“percayalah kualitas produk atau barang dalam negeri khususnya di Jatim juga bagu, dan berkualiats” katanya ketika membuka peringatan hari jadi JATIM ke 69 tahun di Grand City Surabaya.

 

Khasiat Buah Mangga

Kandungan vitamin serta karotenoid dalam buah mangga sangatlah besar manfatnya, khasiatnya bakal melindungi system kekebalan badan hingga jadi lebih sehat alami serta tak gampang terkena penyakit.

Baca Juga :  Kopi Mandailing Sumatera Cita Rasa Kopi Terbaik Dunia

Tingginya kandungan serat, pectin dan vitamin C dalam mangga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, Senyawa dalam mangga mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal bagi kulit. Serat yang terdapat dalam buah mangga sangat bermanfaat untuk melancaran pencernaan juga sekresi dari hasil pencernaan.

 

Selain itu, Buah mangga mengandung banyak senyawa antioksidan yang cukup efektif dalam mencegah serangan kanker yang biasanya datang dari banyaknya zat oksidasi yang dihasilkan oleh tubuh. Antioksidan pada mangga bermanfaat untuk mencegah kanker diantaranya quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat.

Daun mangga juga bermanfaat untuk menormalkan kadar insulin dalam darah. Buah dari pohon mangga punya indeks glikemik  rendah, yaitu 41-60, anda cukup mengkosumsi mangga dan sebenarnya tidak berbahaya bagi kadar gula Anda.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close