Budidaya Bandeng Menjadi Primadona di Kabupaten Pangkep

kandungan omega 3 pada bandeng, cara budidaya dan kendala petani peternak ikan bandeng

Ikan bandeng sebagai salah satu ikan budidaya air tawar yang menjadi primadona di Kabupaten Pangkep, dipercaya bisa meningkatkan kesehatan ibu hamil dan kecerdasan otak anak karena mengandung omega 3 yang jumlahnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ikan salmon yang harganya selangit.

 

Ikan Bandeng Banyak Mengandung Omega 3 Sangat Tinggi

Berdasarkan Balai Pengembangan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Kabupaten Pangkep (1996), kandungan Omega 3 pada ikan Bandeng sebesar 14,2%, ikan Sardines/Mackerel 3,9%, Ikan Salmon 2,6%, dan ikan Tuna 0,2%. Ikan Bandeng banyak mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 20,38% yang bagus untuk kebutuhan protein tubuh kita.

Baca :  Pengaruh Permintaan dan Penawaran Terhadap Harga Lele

 

Kendala Petani yang Sering Dihadapi

Ketika masa panen tiba, petani tambak membawa semua hasil panen tambak mereka ke pasar pelelangan  ikan untuk didistribusikan ke pasar-pasar tradisional. Kendala pemilik budidaya bandeng di lahan tambak ini pemasaran yang kurang maksimal, sehingga perlu memperbanyak wilayah pasar atau agen yang bisa menampung, selain itu ikan tidak dapat bertahan lama.

Baca :  Contoh Proposal Dana Bantuan Budidaya Ikan

 

Kerugian Ikan Bandeng Disebabkan Over Production, Apa Solusinya ?

Kendala lainnya adalah turun drastisnya harga ikan bandeng, disebabkan melimpahnya hasil panen ikan bandeng (over production) di wilayah setempat. Dengan kendala yang sering dihadapi oleh para petani tambak ikan, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup besar bagi para petani tambak ikan bandeng.

Baca :  Budidaya Lele Dalam Tong atau Drum

Salah satu upaya yang sering dilakukan selama ini oleh para petani tambak ikan bandeng untuk mengantisipasi sejumlah ikan bandeng yang tidak habis terjual dan akan rusak/busuk adalah dengan melakukan pengeringan ikan di bawah terik matahari. Kendala susulan disaat sudah masuk musim hujan, sehingga melakukan penjualan dengan harga rendah untuk meminimalisir kerugian yang dihadapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *