BelutPerikanan

Pakan Benih dan Cara Panen Ternak Belut Untuk Pemula

Ternak Belut membutuhkan media wadah yang optimal, sehingga dapat tumbuh maksimal. Untuk kepadatan optimal bibit belut sebaiknya  ukuran panjang 10-12 cm berkisar 50-100 ekor/m2.

Tips tebar benih belut sebaiknya pada pagi atau sore hari supaya ikan terhindar dari stres dan bisa merugikan. Bila bibit hasil dari penagkapan dari alam harusnya dikarantina terlebih dahulu minimal 1-2 hari. Proses karantina belut dengan cara meletakkan bibit dalam air bersih yang mengalir.

  • Pakan anakan belut baiknya kasih kocokan telur selama  karantina.
  • Aturlah sirkulasi air dengan seksama. Jangan terlalu deras (air seperti genangan sawah) terpenting ada sirkulasi air.
  • Atur pula kedalaman air, ini sangat berpengaruh terhadap postur tubuh belut.
  • Air yang terlalu dalam akan membuat belut banyak bergerak untuk mengambil oksigen dari permukaan, sehingga belut akan lebih kurus.

Baca Juga :  C-6 Obat Anti Bakteri dan Ampuh Atasi Penyakit Berat pada Ikan Lele

Pakan Ternak Belut

Bila bibit sudah ditebar, lalu pembesaran dengan cara memberi pakan yang teratr dan terukur. Untuk persentase pakan, baiknya 5-20% dari bobot tubuh /hari. Memberikan pakan dan bisa menggunakan feeling saat ikan sudah kenyang atau masih lapar, lama lama akan terbiasa.

Baca Juga :  Cara Budidaya Belut dari Dasar Sampai Sukses dengan Media Drum

Usahakanlah pakan belut tercukupi supaya belut tidak kanibal. Memberikan pakan bisa pada sore karena belut biasa mencari mangsa di sore dan di malam hari.

Untuk pakan yang bisa diberikan pada belut:  ikan cithol, ikan guppy, anakan ikan mas, cacing lor, cacing merah, cacing lumbricus, ikan cere, berudu (kecebong), lambung katak, keong mas/sawah, ulat hongkong dan lainnya.

        

Proses Panen Belut

Kira-kira 4 – 5 bulan dibudidayakan, kita sudah bisa dipanen. Dengan bobot rata-rata sekitar 3-5 ekor/perkilonya, dengan harga jual 35.000/kg. Untuk ukuran panen belut tergantung permintaan pasar. Kalau 3 -5 ekor terlalu besar bisa dikurangi lagi.

Baca Juga :  Cara Budidaya Udang Galah Intensif Cepat Panen di Kolam

 

Keuntungan  bisa anda kalkulasi dengan biaya operasional dan modal awal untuk membeli benih, pakan serta peralatan pendukung dan sarana budidaya.

Bila harga bibit rata-rata panjangnya 6-11cm dipasaran sekitar Rp.55.000/ kg (isi 75-110 ekor/kg). Tinggal kita kalkulasi berapa keuntungan kita.

Sekian saja tips Pakan dan Cara Panen Ternak Belut Untuk Pemula, semoga manfaat dan majulah ekonomi anda.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close