Toga, Herbal & Kesehatan

Apakah Tanaman Kelor Itu dan Apa Saja Manfaatnya?

Pengertian Kelor atau nama latinnya (Moringa oliefeira) merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae. Asal tanaman ini berasal dari daerah Asia, Afrika dan Amerika.

Nama Lokal Kelor

Apakah-Tanaman-Kelor-Itu-dan-Apa-Saja-Manfaatnya

Dalam bahasa Madura kelor ini disebut sebagai Marangghi, dalam bahasa Jawa disebut kelor, dalam bahasa Gorontalo disebut kelo, dalam bahasa Flores disebut Moltong, dalam bahasa Bugis disebut keloro, dalam bahasa Bima disebut Ongge, dalam bahasa Sumba disebut kawano dan dalam bahasa Timor disebut Hou fo.

Kandungan Kelor

Kelor memiliki kandungan gizi antara lain vitamin C, vitamin B6, beta karoten, asam amino, antioksidan, protein serta magnesium.

Ciri-Ciri Kelor

Ciri-ciri kelor ini antara lain adalah:

  1. Memiliki ketinggian batang yang mencapai 7-11 meter, batangnya tegak, kulitnya tipis, warnanya kelabu dan permukaannya ini kasar.
  2. Daunnya majemuk, berbentuk bulat telur dan berukuran kecil.
  3. Bunga kelor berwarna putih kekuning-kuningan aromanya semerbak dan bunganya ini tumbuh dan keluar sepanjang tahun. 
  4. Buah kelora ini berbentuk segitiga memanjang dengan panjangnya yang mencapai 20-60 cm dan panjangnya ini mirip seperti kacang panjang, warna buahnya berwarna hijau.
Baca Juga :  Apa Saja Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Ginjal? Simak Disini

Manfaat Kelor Untuk Kesehatan

Kelor juga memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain dapat menjaga kesehatan otak, mengobati sariawan, mencegah osteoporosis, berguna untuk menjaga kesehatan mata, mengatasi pegal linu, mengatasi alergi, mengobati ramatik, serta dapat mengobati herpes dan kurap.

Manfaat Kelor Untuk Kecantikkan

Baca Juga :  Penting!! 10 Tanda Kamu Kekurangan Zat Besi

Kelor juga memiliki manfaat untuk kecantikkan antara lain dapat mempercantikkan kulit, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, mengatasi kulit kering dan kelor juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah anda.

Cara Alami Mengobati Menyembuhkan Sakit Mata dan Luka Bernanah Dengan Daun Kelor

Daun kelor ini juga berguna untuk menyembuhkan sakit mata dan luka bernanah. Cara untuk menyembuhkan sakit mata dengan daun kelor antara lain cuci daun kelor hingga bersih terlebih dahulu, lalu tumbukkan daun kelor sampai halus, kemudian tambahkan dengan air, adukkan hingga merata, diamkan selama beberapa menit sampai ampasnya mengendap, kemudian gunakanlah sebagai obat tetes mata. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai mata anda sudah kembali sembuh dan tidak terasa sakit lagi.

Baca Juga :  Pengertian Brokoli Serta Kandungan dan Manfaat Brokoli

Dan cara untuk menyembuhkan luka bernanah antara lain, cucikan daun kelor terlebih dahulu hingga bersih, tumbukkan daun kelor sampai halus, kemudian tempelkan daun kelor yang sudah halus itu pada kulit yang sakit, lalu gunakan dengan kain kasa untuk membungkusnya. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai lukanya sembuh.

Nah, itulah pengertian dari kelor, kandungannya, ciri-cirinya dan manfaat kelor untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Dan ada juga cara alami untuk menyembuhkan sakit mata dan luka bernanah dengan menggunakan daun kelor. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close