Tips Pemeliharaan dan Pembesaran Ikan Patin secara Intensif

Tips Pemeliharaan dan Pembesaran Ikan Patin secara Intensif Budidaya Ikan Patin agar pemeliharaan  pembesaran ikan lebih maksimal. Banyak yang membuktikan, sebagai berikut :

1. Pemupukan Kolam

Pemupukan kolam bertujuan untuk meningkatkan dan produktivitas kolam, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyak-banyaknya. Pupuk yang sering dipakai adalah pupuk kandang atau bisa juga pupuk hijau dengan dosis 55–650 gram/m 2.

Baca :  Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen dalam Kolam Terpal

 

2. Pemberian Pakan Patin Teratur

Kasih makan sebaiknya 2 kali sehari pagi dan sore. Jumlah makan per harinya bisa 3 hingga 5% dari jumlah berat badan ikan ternak. Jadi banyaknya makanan selalu berubah dalam setiap bulannya, yaitu disesuaikan dengan kenaikan bobot badan ikan patin dalam kolam dan  ini dapat diketahui dengan cara kita timbang 5-10 ekor ikan sebgai contoh yang kita ambil dari kolam.

Baca :  Cara Budidaya Belut dari Dasar Sampai Sukses dengan Media Drum

 

3. Pemeliharaan Kolam dan Tambak Intensif

Selama pemeliharaan, ikan dapat diberi makanan tambahan berupa pellet setiap hari dan dapat pula diberikan ikan-ikan kecil/sisa (ikan rucah) ataupun sisa dapur yang diberikan 3-4 hari sekali untuk perangsang nafsu makannya.

Baca :  Ikan Lele Dumbo Hasil Persilangan Ikan Lele Lokal Afrika dengan Lele Lokal dari Taiwan

Nah kita sudah tau tips pemeliharaan dan pembesaran Ikan Patin secara intensif, semoga bermanfaat dan salam peternak sukses.

key: