cara bisnis sukses dan peluang usaha bagi pemula

Tips dan Trik Pengusaha Sukses di Tengah Persaingan

Diposting pada

Setiap pengusaha selalu ingin sukses dalam menjalankan roda usaha atau bisnisnya. Sampai di tiga  tahun pertamanya, ingin cepat naik mencapai omzet hingga  ratusan hingga miliar rupiah. Tetapi menentukan target tersebut tak semudah yang dipikirkan, tentu membutuhkan kerja keras, strategi bisnis yang jitu dari para pelaku usaha. Lalu, apa tips yang harus dijalankan hingga mencapai omset ratusan juta rupiah di lima tahun pertama?

 

Berikut ini kunci rahasia pengusaha sukses yang harus anda terapkan dalam bisnis anda dan akan berangsur meningkatkan keuntungan besar setiap penjualan perbulannya:

 

Baca juga:

Akses Lembaga Donor Dana Hibah Untuk Pelaku Usaha dan Organisasi

Contoh Proposal Dana Bantuan Mesin dan Pupuk Pertanian

Pentingnya Pendidikan Agribisnis dalam Meningkatkan Ekonomi

 

  • Tetap Konsisten Menjaga Kualitas Produk

Saat membuka pertama kali sebuah usaha atau bisnis, sering kali semangat kita cendrung berlebihan, sehingga terkandang datang godaan berbuat curang untuk dapat banyak keuntungan dan itu terbersit dalam pikiran. Umumnya dalam kasus ini, pelaku usaha punya kecenderungan menurunkan kualitas produknya demi untuk memenuhi kapasitas produksi yang lebih tinggi dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Memang dengan cara itu sangat menguntungkan, namun citra baik perusahaan dipertaruhkan di depan para pelanggan tetap. Maka dari itu, supaya bisnis kita bertahan sampai tiga tahun pertama, konsistenlah menjaga kualitas produk kita dan buatlah konsumen semakin loyal dengan produk yang kita jual.

  • Buatlah Perubahan demi Memenangkan Persaingan Bisnis
Baca :  Desa Tangkil Kulon Menuju Sentra Agrobisnis Berbasis Lokal

Dalam dunia bisnis, tidak ada proses yang dimulai dan berakhir di tempat yang sama. Berinovasilah untuk tetap bisa bertahan di persaingan pasar yang semakin ketat. Untuk bisa tetap bertahan dalam persaingan, anda harus menciptakan inovasi terbaru yang disukai dan dibutuhkan oleh  para pelanggan sehingga bisnis Anda bisa fleksibel seiring berjalannya menghadapi persaingan pasar.

  • Fokus pada apa yang Anda impikan

Supaya bisnis dapat memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat, maka fokus terhadap target yang diimpikan patut dicapai. Gantikan pada orang atas hal-hal atau pekerjaan yang bukan menjadi keahlian kita, agar fokus, waktu, serta tenaga Anda tidak terbuang percuma pada perkara yang kurang penting bagi kita. Kebanyakan pelaku usaha gagalnya dalam mencapai target bisnis karena banyaknya keinginan, jadinya apa yang seharusnya difokuskan utama dalam usaha justru terabaikan begitu saja.

  • Luangkanlah Waktu untuk Riset Pasar Potensial

Saat kita sibuk,tapi luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan riset pasar potensial dan siap tanggap dalam hadapi tantangan persaingan yang semakin inovatif. Tindakan ini harusnya  anda jalankan dengan rutin di 3 tahun pertama untuk mengetahui teknik pemasaran apa saja yang dilakukan para kompetitor, juga ikutilah perkembangan trend atau mode terkini yang sedang trand di pasaran. Maka kita bisa sigap dan siap menghadapi tantangan pasar dan tidak takut kalah bersaing dengan produk apa saja yang serupa milik para kompetitor kita.

  • Jangan Bertaruh Pada Bisnis Yang Belum Teruji Yakin Membawa Sukses
Baca :  Negara Mana Disebut Terkaya di Dunia

Banyak para pengusaha yang tiba-tiba bangkrut disebabkan  kesalahan dengan melakukan investasi dan spekulasi  pada hal / bisnis baru yang mereka sendiri belum yakin akan bisa berhasil. Untuk menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya jika menghabiskan kas kecil kita untuk mengetes ide baru, dan memilih investasi apa yang lebih besar bila memang peluang tersebut benar-benar terbukti berhasil. Meskipun kita memiliki cukup modal, tapi harus bijak  mengelola keuangan bisnis kita.

Semoga tips bisnis yang kami urai ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi para pembaca dan para pemula yang ancang-ancang merintis sebuah bisnis. Maju terus UKM dna Pengusaha Indonesia dan salam sukses ya…!