Bisnis

Akses Lembaga Donor Dana Hibah Untuk Pelaku Usaha dan Organisasi

Pertanyaan utama yang dihadapi semua Organisasi non pemerintah (Ornop/LSM), para mahasiswa pasca sarjana, para peneliti dan para penggiat kegiatan social di masyarakat  ialah di mana dan bagaimana caranya mengumpulkan dana hibah untuk program pelaku usaha dan organisasi maupun proyek-proyek yang sedang maupun yang akan digarap? Bantuan berupa apa yang cocok, dan untuk aktivitas mana?

Dimana Akses Lembaga Donor Dana Hibah Untuk Pelaku Usaha dan Organisasi ?

Bagaimana caranya pembiayaan jangka panjang dapat dijamin melalui berbagai sumber pembiayaan? Begitu kita memutuskan untuk mencari dana hibah dari pihak luar (eksternal) guna membiayai program atau proyek kita, pertanyaan yang timbul ialah: dimanakah permintaan bantuan tersebut harus diajukan: pemerintah negara donor yang bersangkutan, yayasan internasional, sponsor, perusahaan atau lembaga keuangan multilateral lainnya? Bagaimana mengakses sumber pendanaan dari para lembaga donor tersebut?

Dana hibah para penggiat kegiatan kemasyarakatan dan Organisasi

Untuk membantu dana hibah para penggiat kegiatan kemasyarakatan maupun penelitian, penyunting artikel berinisiatif membantu memecahkan persoalah yang dihadapi oleh para Ornop/LSM, mahasiswa paska sarjana maupun para peneliti, khususnya dalam hal penyediaan informasi tentang lembaga-lembaga donor dana hibah yang ada di Indonesia dan berpotensi untuk dijadikan sumber pembiayaan kegiatan yang kita punyai. Oleh karena itu, semoga saja buku ini dapat bermanfaat khususnya bagi para penggiat kegiatan kemasyarakatan maupun organisasi, para mahasiswa pasca sarjana, para aktivis Ornop/LSM.

“Dana” merupakan kata pendek yang tampaknya mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya suatu kegiatan atau ide yang kita punyai. Kita punya kegiatan atau ide untuk berbisnis, tetapi tanpa adanya dukungan dana sebagai modal maka susah untuk menjalankan kegiatan atau ide berbisnis tersebut.  Kita telah mengembangkan proposal untuk suatu kegiatan sosial, tetapi bila dana hibah tidak ada di tangan, maka susah untuk menjalankan kegiatan sosial tersebut. Kita harus mencari dana kesana ke mari untuk mensukseskan kegiatan sosial yang kita punyai.

Proposal penelitian yang umumnya memerlukan dana sejumlah tertentu guna merealisasikan atau melaksanakan penelitian tersebut. Sering kita temui kendala utama tidak jalannya penelitian karena dananya tidak tersedia, dananya tidak mencukupi alias terbatas, dan berbagai kendala lain yang menghadang yang ujung-ujungnya juga menyangkut dana alias uang.

Berbicara tentang dana, orang pasti akan terpikir tentang siapa yang akan mendanai. Siapa yang mau memberi dana untuk menjalankan kegiatan kita? Apakah dana tersebut akan diberikan gratis alias tidak harus mengembalikan (biasa dikenal dengan istilah dana hibah -grant atau apakah kita harus mengembalikan dana tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama antara penerima dan pemberi dana (biasa dikenal dengan dana pinjaman-loan). Kemana harus mencari dana dan bagaimana caranya bila kita tidak punya cukup uang untuk mendanai kegiatan yang kita punyai?

Berbicara masalah dana , terkadang cukup memusingkan.  Kalau kita punya dana yang cukup, tidak menjadi masalah. Berbeda dengan kalau kita tidak punya dana untuk membiayai kegiatan yang kita punyai. Cukup membuat kepala kita pusing tujuh keliling. Apalagi kalau ditimpali dengan kendala lainnya yaitu misalnya kegiatan tersebut harus selesai pada tanggal tertentu. Kemana dana hibah itu harus kita dapatkan?

Tags

Related Articles

4 Comments

  1. Perlu dana bantuan buat bayar hutang karena ditipu orang….imbasnya ke keluarga sendiri…saya sudah depresi dan frustasi bgt…..kasihan gak tega ibu saya….tolong siapapun yang ingin bantu ulurkan tangannya….saya perlu 75 juta…..tidak apa dg usaha salon kecil” an saya…saya insyaaloh nyicil….mudah” an saya disini dptkan solusi…ini no.rec saya….Bni Syariah…0284891728…..no.tlp 081220480309….terima kasih….semoga niat dan amal yg akan siapapun berikan untuk saya….diganti Alloh swt berlipat ganda…amiin yra…

  2. Assallamuallaikum wr.wb.

    sementara ini saya masih kerja ikut orang..saya sangat ingin membuat lapangan pekerjaan sendiri agar bisa membantu saudara2 / para pemuda pengangguran di bidang design grafis dan Sticker Cutting..menurut saya usaha ini sangat prospek untuk kedepannya..saya sudah membuat dan mencetak/mengirim proposal dan perincian detail melalui email ke banyak orang yang saya kenal dan saya percaya. Tetapi hasilnya masih belum banyak kepastian dan banyak juga yang bimbang..reputasi saya menurut kolega saya masih di percaya..walaupun saya belum mempunyai mesin cutting sticker sendiri..tetapi sudah banyak yg order kepada saya..di antaranya ada dari MNC jakarta dan perusahaan lain di malang..untuk saat ini sya masih belum berani mengambil job besar di karenakan saya belum mempunyai modal dan belum memiliki mesin sendiri..setiap ada kerjaan sticker cutting pasti saya lempar ke tempat cutting an lain dgn meraup untung yang sangat sedikit agar bendera saya tetap berkibar..dan tidak jarang tidak dpt apa2..saya sangat menginginkan ibu2 / bapak2, donatur atau Perusahaan / Badan pemerintahan kota malang yang benar2 memberikan / meminjamkan modal untuk usaha saya silakan menghubungi saya.
    Dwi Gunawan
    0812 5243 7771

    bisa cek reputasi saya di google:
    dengan mengetik: Gugun Nastasio

    Dan juga bisa cek usaha yang saya jalani selama ini dengan mengetik di kolom google: JMC Malang

  3. sementara ini saya masih kerja ikut orang..saya sangat ingin membuat lapangan pekerjaan sendiri agar bisa membantu saudara2 / para pemuda pengangguran di bidang design grafis dan Sticker Cutting..menurut saya usaha ini sangat prospek untuk kedepannya..saya sudah membuat dan mencetak/mengirim proposal dan perincian detail melalui email ke banyak orang yang saya kenal dan saya percaya. Tetapi hasilnya masih belum banyak kepastian dan banyak juga yang bimbang..reputasi saya menurut kolega saya masih di percaya..walaupun saya belum mempunyai mesin cutting sticker sendiri..tetapi sudah banyak yg order kepada saya..di antaranya ada dari MNC jakarta dan perusahaan lain di malang..untuk saat ini sya masih belum berani mengambil job besar di karenakan saya belum mempunyai modal dan belum memiliki mesin sendiri..setiap ada kerjaan sticker cutting pasti saya lempar ke tempat cutting an lain dgn meraup untung yang sangat sedikit agar bendera saya tetap berkibar..dan tidak jarang tidak dpt apa2..saya sangat menginginkan ibu2 / bapak2, donatur atau Perusahaan / Badan pemerintahan kota malang yang benar2 memberikan / meminjamkan modal untuk usaha saya silakan menghubungi saya.
    Dwi Gunawan
    0812 5243 7771

    bisa cek reputasi saya di google:
    dengan mengetik: Gugun Nastasio

    Dan juga bisa cek usaha yang saya jalani selama ini dengan mengetik di kolom google: JMC Malang

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close