Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian Kembang Bokor dan Manfaatnya

Pengertian-Kembang-Bokor-dan-Manfaatnya

Kembang bokor (Hydrangea macrophylla [Thunb.] Sering) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Jepang. Karena memiliki bunganya yang indah, biasanya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias diperkarangan rumah maupun ditaman-taman.

Perdu menahun ini tumbuh tegak, berbatang kuat, warnanya yang berwarna hijau sewaktu muda dan mempunyai ketinggian yang mencapai 0,5-1 m. Daunnya tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan silang. Bunganya majemuk, keluar dari ujung tangkai, warnanya putih, merah muda dan akan menjadi biru.

Tanaman kembang bokor ini dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman obat. Bagian tanaman yang dapat kita gunakan sebagai obat adalah herba dan akarnya. Bisa kita gunakan sewaktu segar dan juga bisa kita gunakan sewaktu kering.

Baca Juga :  Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Nah, berikut dibawah ini saya akan menyebutkan beberapa manfaat kembang bokor bagi kesehatan tubuh Anda serta saya juga akan menjelaskan cara pengobatannya. Jadi, simaklah dengan baik dibawah ini manfaat kembang bokor dan cara pengobatannya.

Baca Juga :  Cantik Memesona Dengan Menggunakan Madu

01. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Caranya ialah sediakan akar kembang bokor yang masih segar secukupnya dan cucikan sampai bersih. Lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan dengan cuka apel yang telah diencerkan secukupnya, kemudian digilingkan sampai halus, lalu diperas. Gunakan airnya untuk kumur tenggorokan.

02. Mengatasi Ekzema Pada Kantung Buah Zakar

Caranya ialah sediakan herba kembang bokor, daun ketepeng cina dan herba ayam duri secukupnya serta cucikan semua bahan sampai bersih. Lalu rebuskan sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan ramuan tersebut untuk mencuci dan mengompres bagian yang ekzema.

Baca Juga :  Work Form Home (WFH) Dapat Meminimalisir Penyebaran Covid-19

03. Mengatasi Malaria

Caranya yaitu rebuskan herba kembang bokor dan daun murbei masing-masing sebanyak 9 gram dengan 3 gelas air, tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saringkan dan minum 2 jam sebelum terjadi serangan malaria.

Nah, itulah manfaat dari tanaman kembang bokor. Semoga artikel ini akan bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close