Toga, Herbal & Kesehatan

Manfaat dari Tanaman Bunga Kenop Untuk Pengobatan

Mengobati Disentri, Kencing Tidak Lancar, Menambah Nafsu Makan, Obat Bronkhitis Kronis

 

Bunga kenop (Gomphrena globosa L.) merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis yang dapat kita temukan di ketinggian yang mencapai 1 – 1.300 m dpl. Tumbuhan terna semusim ini tumbuh tegak, tinggi mencapai 60 cm atau lebih, seluruh bagiannya berambut.

Batangnya ini berwarna hijau kemerahan. Daunnya tunggal, letak berhadapan silang dan bertangkai pendek. Helaian daunnya berbentuk bulat telur sungsang sampai memanjang, tepi rata, berwarna hijau dan berwarna putih dipermukaan atas, serta berambut halus dipermukaan bawah. Bunga tunggal dan berbentuk halus seperti bola. Buahnya buah kotak berbentuk segitiga.

Selain itu, ada juga manfaat tanaman bunga kenop bagi kesehatan Anda. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman bunga kenop bagi kesehatan Anda.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Mudah Untuk Memanjangkan Bulu Mata

 

01. Mengobati Disentri

Caranya ialah rebuskan 10 kuntum bunga kenop yang masih segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuan tersebut sekaligus. Minum ramuan tersebut sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari.

Baca Juga :  Karang Gigi Turunkan PD, Hilangkan dengan Tip Ini

 

02. Mengatasi Kencing Tidak Lancar

Caranya yaitu rebuskan 3 – 10 gr bunga kenop ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

 

03. Menambah Nafsu Makan

Caranya ialah cucikan 20 gr herba bunga kenop yang masih segar sampai bersih, lalu rebuskan ke dalam 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Baca Juga :  Resep Cara Membuat Kue Bawang yang Renyah dan Gurih

 

04. Mengobati Bronkhitis Kronis

Caranya yaitu suntikan ramuan obat suntik bunga kenop, pada beberapa titik akupuntur. Sekitar 10% penderita yang mendapat suntikan ini akan mengeluhkan rasa kering ditenggorokan walaupun hanya sementara.

Nah, itulah beberapa manfaat bunga kenop bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close