Kandang Puyuh Petelur Semi Modern dan Tingkatkan Produksi Telur

Diposting pada

Kapasitas kandang  puyuh adalah paling utama untuk mengejar target produksi telur puyuh. Lahan yang luas dapat menampung kandang  ukuran besar. Sehingga isi kandang  puyuh penuh dengan burung. Orang mengenal Kandang jenis baterai  sangat cocok bagi yang punya lahan yang cukup luas.

Desain kandang ideal agar burung puyuh betah dalam kandang harus diperhatikan,  juga bagaimana caranya burung malas  bertelur akibat stres.

Desain Kandang Puyuh Ada Banyak Macamnya

Dari bahan ada tida macam:

  1. Bahan Bambu
  2. Bahan Kayu Reng atau kayu lainnya
  3. Bahan stainles / aluminium dan Galvanis

Kelengkapan Kandang Puyuh

  1. Tempat Pakan terbuat dari paralon ataupun tabung
  2. Tandon Air minum ( ada yang otomatis)
  3. Ram untuk telur

Harga Kandang Buruh Puyuh Petelur Kapasitas 1000 Ekor, diahargai mulai 2,4 juta – 2,7 juta untuk satu buah kandang, tergantung bahan yang digunakan.

Masa Produktif Burung Puyuh Petelur

Pada masa produktif, satu ekor puyuh dapat menghasilkan telur antara 250 – 300 butir per tahun. Mulailah beternak puyuh tahap demi tahap 50 – 100 – 200 – 300 – 500 –  800- 1000, dengan begitu  ada pengalaman yang dapat anda pelajari dan apa yang harus diperbaiki; baik dari perawatan burung puyuh, pakan burung puyuh, tempat atau kandang, Kebersihan kandang dan lingkungan kandang, terpenting jauhkan dari kebisingan agar tidak setres.

Baca :  Cara Pembuatan Molases atau Tetes Tebu dan Manfaatnya

Awal masa produktif saat pertama bertelur yakni empat minggu dan setelahnya akan semakin menurun jumlah bertelurnya. Walau demikian, ketika sudah tidak produktif, burung puyuh dapat dijual untuk dimanfaatkan dagingnya.

Baca :  Cara Sukses Budidaya Burung Puyuh Petelur Secara Modern

Demikian  dulu tips beternak Burung Puyuh dan Tips Kandang yang baik  semoga bermanfaat .

key:

Tinggalkan Balasan