Ini Dia Manfaat Tanaman Sambang Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Ini-Dia-Manfaat-Tanaman-Sambang-Darah-Bagi-Kesehatan-Tubuh

Sambang darah (Excoecaria cochinchinensis Lour) merupakan tanaman yang berasal dari Indocina. Tanaman yang berasal dari Indocina ini tidak suka dengan tanah yang tergenang air. Biasanya tanaman sambang darah ini ditanaman diperkarangan sebagai pagar hidup atau tanaman obat dan ditaman sebagai tanaman hias.

Tanaman perdu yang tumbuh tegak ini mempunyai ketinggian yang mencapai 0,5-1,5 m, percabangan banyak, beracun dan getahnya yang berwarna putih. Daunnya tunggal dan bertangkai. Bunganya keluar dari ujung percabangan, bentuknya kecil-kecil, warnanya kuning, bunga jantan lebih banyak daripada bunga betina dan tersusun dalam rangkaian berupa tandan. Buah tiga keping, bundar dan dengan diameter sekitar 1 cm.

Sambang darah ini rasanya pedasm beracun dan sifatnya hangat. Tumbuhan sambang darah ini berkhasiat membunuh parasit, penghenti perdarahan dan menghilangkan rasa gatal. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun, ranting dan akarnya.

Baca :  Resep Mudah Oseng Sawi Hijau Super Lezat

Oke, tanpa basa basi lagi saya akan menjelaskan manfaat sambang darah bagi kesehatan Anda. Berikut dibawah ini simaklah dengan baik.

01. Mengobati Muntah Darah

Caranya cucikan daun sambang darah sebanyak 10 lembar, lalu gilingkan sampai halus, kemudian tambahkan dengan garam seujung sendok teh dan air masak sebanyak 1/2 cangkir. Aduk sampai merata, lalu saring dan peraskan dengan sepotong kain. Setelah itu, minum ramuannya sekaligus.

02. Mengatasi Disentri

Caranya ialah sediakan daun sambang darah sebanyak 15 gram dan cucikan sampai bersih, lalu rebuskan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saringkan airnya untuk 2 kali minum yaitu pagi dan sore. Lakukanlah cara ini secara rutin dan teratur sampai sembuh.

Baca :  Berbagai Macam Manfaat Mengkudu Untuk Kecantikan Anda

03. Mengatasi Perdarahan Haid

Caranya ialah cucikan ranting kering sambang darah sebesar jari kelingking, lalu potong-potong seperlunya, kemudian rebuskan dengan 3 gelas air, tunggu sampai separuhnya. Setelah itu, minum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

04. Mengatasi Perdarahan Setelah Bersalin dan Keguguran

Cara pengobatannya yaitu cucikan akar kering sambang darah sebesar 1 1/2 jari kelingking, lalu potong-potong seperlunya, kemudian rebuskan dengan 2 gelas air minum sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Baca :  Cara Menyembuhkan Diare dan Penyakit Kuning dengan Tanaman Gude

Nah, itulah manfaat tanaman sambang darah bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sudah membaca artikel ini, terima kasih.