Indeks

Puslitbang Hortikultura Lakukan Monitoring dan Evaluasi Kerjasama AFACI di Balitsa

Puslitbang Hortikultura melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) kerjasama AFACI di Balai Penelitian Tanaman Sayuran – Balitsa Lembang, Bandung Barat pada hari Selasa (5/7).

Pertemuan dihadiri oleh Plh. Koordinator Kelompok KSPHP beserta staf, Kepala Balitsa beserta staf, dan Tim AFACI. Acara diawali dengan pemaparan perkembangan kerjasama oleh penanggung jawab kegiatan Rinda Kirana dan dilanjutkan dengan melihat hasil kegiatan di lapangan.

Kerjasama Balitsa dengan AFACI dimulai sejak tahun 2019 akan berakhir pada tahun 2022. Dalam kurun waktu 3 tahun kegiatan telah menghasilkan output diantaranya 60 plasma nutfah cabai, 1 tanda daftar varietas unggul baru cabai, makalah uji keunggulan calon varietas hibrida, penerbitan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Jurnal dan Prosiding Internasional serta peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan dan workshop.

Puslitbang Hortikultura mengapresiasi tim AFACI yang telah banyak menghasilkan output di tengah masa transisi kelembagaan. Dengan tercapaianya output kegiatan diharapkan proses pelaporan dari tim AFACI kepada Puslitbang Hortikultura juga dapat terlaksana dengan baik. Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan adanya pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian agar seluruh kegiatan kerjasama dapat terdokumentasi dengan baik dan tertib administrasi.
Sebagai tindak lanjut kegiatan monev, Puslitbang Hortikultura merencanakan agenda pertemuan pengelola kerjsama dan penanggungjawab kegiatan kerjasama khususnya hibah luar negeri (KEM).

key: