Toga, Herbal & Kesehatan

Pengertian dan Manfaat Tanaman Bungur Bagi Kesehatan

Mengobati Kencing Manis, Diare, Eksim,

Bungur (Lagerstoemia speciosa Pers.) adalah salah satu tanaman yang termasuk ke dalam suku Lythraceae. Tanaman bungur ini dapat Anda temukan dihutan jati, baik ditanah gersang maupuun ditanah yang subur hutan heterogen berbatang tinggi.

 

Di Jawa, tanaman bungur ini dapat tumbuh sampai ketinggian 800 m dpl. Selain itu, tanaman bungur ini juga banyak ditemukan pada ketinggian bawah 300 m.

Baca juga:

Cara Menyembuhkan Diabetes dan Menurunkan Kolestrol Dengan Daun Salam

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

Baca Juga :  Rahasia Resep Membuat Martabak Manis dan Laris Manis Untuk di Jual

 

Pohon bungur ini memiliki ketinggian yang mencapai 10 – 30 m. Batang bungur ini bulat, percabangan mulai dari bagian pangkalnya dan berwarna cokelat muda. Daun tunggal dan bertangkai pendek. Helaian daunnya ini berbentuk oval, memanjang, tebal seperti kulit, memiliki panjang yang mencapai 9 – 28 cm dan lebar 4 – 12 cm, serta berwarna hijau tua. Bunganya majemuk dan berwarna ungu. Buahnya buah kotak dan berbentuk bola sampai bulat memanjang.

 

Selain itu, ada juga beberapa manfaat tanaman bungur bagi kesehatan Anda. Nah, berikut dibawah ini simaklah dengan baik manfaat tanaman bungur bagi kesehatan Anda.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kulit Belang

 

Mengobati Diare

Caranya ialah cucikan kulit kayu bungur sebesar 2 jari sampai bersih, lalu tumbukkan sampai halus. Tambahkan dengan 1/2 cangkir air masak, kemudian adukkan sampai rata. Setelah itu, saringkan dan minum ramuan tersebut sekaligus.

 

Mengobati Kencing Manis

Caranya yaitu cucikan 8 lembar daun bungur yang masih segar sampai bersih, lalu rebuskan ke dalam 3 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas saja. Setelah dingin, saringkan dan minum ramuan tersebut sekaligus pada pagi hari.

Baca Juga :  Darimana Asal-Usul Pare Itu?

Mengobati Eksim

Caranya ialah gongseng 5 gr biji bungur yang telah masak, lalu tumbukkan sampai menjadi serbuk halus. Kemudian tambahkan 1/2 sdt minyak kelapa ke dalam serbuk tersebut dan adukkan sampai rata. Untuk pengobatan, oleskan ramuan tersebut pada bagian kulit yang terkena eksim.

Nah, itulah pengertian dari tanaman bungur serta beberapa manfaat tanaman bungur bagi kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close