Mesin Pemanen dan Merontokkan Padi Combine Harvester Yanmar

Diposting pada

Combine Harvester Yanmar menjadi pilihan petani lokal, sebab sudah teruji kehandalan dan pemasarannya juga sudah meluas di tanah air. Berikut kita ulas mesin pemanen dan merontokkan Padi Combine Harvester Yanmar seri YH 150, AW 70V dan AW82V.

 

Combine Harvester Yanmar  YH 150

Mesin panen padi tipe riding YH 150 berfungsi untuk memanen sekaligus merontokkan padi di lahan sawah. Dengan adanya elektrik starter motor penggerak memudahkan operator untuk menghidupkan dan mematikan motor, cukup dengan menggunakan kunci kontak. Motor penggerak yang digunakan sudah ber-SNI, tentu ini menjamin kualitas dan mutu motor. Tipe motor penggeraknya adalah TF155R – DI.

Mesin ini dibekali dengan gigi perontok swirl tipe V yang mana menghemat atau meringankan kebutuhan daya pada proses perontokan, khususnya ketika tinggi pemotongan rendah. Selain itu, terdapat concave atau saringan gabah yang didesain tahan lama dan mudah lepas, sehingga memudahkan untuk proses pembersihan dan perawatan. Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur pakai concave.

 

Sedotan pemisah gabah dan kotoran didesain dengan kapasitar 2000 kg/jam, cukup besar. Hal ini menjadikan susut atau kehilangan gabah rendah, di bawah 2 %.  Terdapat jendela pengintip, sehingga operator dapat mengontrol aliran gabah bersih.

Baca :  Kubota Mesin Pertanian Modern Combine Harvester Membantu Petani Lebih Produktif

Mesin ini dapat diaplikasikan pada sawah petakan kecil karena crawler tapak lebar 33 cm, ketika pembelokkan hanya dengan radius 1 – 1.2 m saja. Untuk naik dan turun pada sawah bertingkat dengan beda tinggi sampa 1 m, dapat dibantu dengan tangga besi dalam memobilisasikannya.

 

Spesifikasi YH 150 : Berat operasi, dimensi, Mesin, Model, Tipe, Isi silinder, Tenaga kontinyu, Tenaga maksimum, Bahan bakar, Kapasitas tangki bahan bakar, Starter, Konsumsi bahan bakar, Bagian transportasi (jalan), Crawler karet, Jarak terendah ke tanah, Sistem transmisi dan pembelokkan, Bagian pemanen, Tipe perangkat pemanen, Bagian perontokan, Jumlah corong keluar gabah, Sistem kelistrikan, Kapasitas panen

Combine Harvester Yanmar AW70V dan AW82V

Yanmar hadir dengan mesin panen padi dengan kecepatan tinggi, lebih efisien, dan panen berlimpah walaupun kondisi batang panen roboh/rebah. Mesin tipe ini dapat dioperasikan pada lahan basah/berlumpur, karena roda crawler karet didesain memberikan tekanan kecil pada tanah.

 

Didesain dengan sistem 2 kali proses perontokan, hasil panen menjadi lebih bersih. Terdapat rotor depan dan rotor perontok menjadikan mesin menjadi lebih akurat dalam operasi dan sinkronisasi. Kapasitas tangki penampung gabah didesain besar, sebanyak 490 liter sehingga operator dapat bekerja terus menerus tanpa harus sering memimdahkan atau mengosongkan tangki penampung. Waktu panen menjadi lebih efisien.

Baca :  Harga Mesin Penanam Padi (Rice Transplanter ) Yanmar dan Maksindo

Desain alat pemotong dapat disesuaikan dan jari –jari penggulung (reel tine) dapat disesuaikan, bergerak turun dari -45mm ke -65 mm di bawah tanah. desain mesin seperti itu memungkinkan mesin untuk dapat mengambil padi yang roboh atau rebah. Produksi padi pun menjadi lebih banyak.

 

Spesifikasi AW70 V dan AW82 V

 

 

Combine Harverster YH700 dan YH850

Berbeda dengan tipe lainnya, tipe ini dibekali dengan program Smartassist, sebuah antena GPS dan terminal telekomunikasi terpasang pada mesin. Program ini dapat menyediakan informasi berdasarkan data dan kondisi operasional yang dapat membantu petani dalam meningkatkat kemampuan kerja dan menajemen.

Desain kemudi bundar memudahkan operator dalam manuver dan berputar, sehingga proses pemanenan berjalan dengan cepat. Sudut kemudi dapat disesuaikan keinginan operator. Transmisi yang digunakan adalah model baru, HTS dengan servo hidrolis dan FDS mekanis.

Terdapat fitur tambahan seperti 4 buah lampu utama dan lubang pembuangan. Adanya lampu memudahkan operator bekerja saat malam hari. Sedangkan lubang pembuangan untuk membuang air yang masuk ke bagian pemotongan.

Baca :  Harga Macam-macam Mesin Pengupas Kulit Kopi Berbagai Merek

 

Spesifikasi umum : Kapasitas tangki gabah, Bagian perontokan ( Tipe, Dimensi rotor, dimensi ayakan, Luas saringan, Batang axial – flow dengan rotor depan vertikal), Bagian pemanen (Lebar antar ujung pemisah batang padi, perangkat pemanen Reel , platform , Lebar pisau , Jangkauan tinggi , Kecepatan putar rol), Bagian pemanen (Lebar antar ujung pemisah batang padi, Tipe perangkat pemanen, Lebar pisau potong, Jangkauan tinggi pemotong, Kecepatan putar rol)

 

Demikain dulu ya sob tentang mesin pemanen dan merontokkan Padi Combine Harvester Yanmar berbagai tipe pilihan di atas. Oke sob, bisa anda pilih ya sob di dealer kami, jangan tanggung-tanggung bila kita usaha bidang pertanian. Mesin Panen Padi Yanmar jadi pilihan tepat dan handal untuk dipakai atau disewakan.