Pertanian

Kriteria Tanah Yang Subur Sesuai Strukturnya dan Pemupukan Tanah Liat Pasca Tanam

Struktur dan tekstur tanah liat dan tanah pasir

Berbicara penyuburan tanah itu kompleks, tidak dapat dipisah pisahkan, harus selaras antara pengolahan tanah, pupuk organik, pupuk kimia.

Pengolahan tanah juga harus memperhatikan struktur tanah yaitu  tanah pasir atau tanah liat,  karena masing-masing tanah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tanah liat Mempunyai kelebihan dalam menyimpan air dan unsur hara. Keluranganya pengolahan lebih eksra. Sementara tanah pasir pengolahannya lebih ringan tapi kurang bagus dalam menyimpan air.

 

Menyuburkan Tanah Liat

 

Untuk menyuburkan tanah liat  tidak terlalu banyak dibutuhkan pupuk organik, satu ton pupuk organik kering cukup untuk satu hektar dalam 2 masa tanam. Hanya saja diperlukan tenaga ekstra untuk mengolah tanah secara baik, jika perlu tambahkan sekam agar peronggaan tanah sempurna sehinga akar tanaman mudah menembus dan menyerap unsur hara.

Baca Juga :  Hindari Toksik Pada Peptisida Waktu Cocok Tanam Di Musim Kemarau

Sementara untuk tanah pasir jauh lebih ringan dalam pengolahan, karena tanah tidak terlalu pekat, hanya saja diperlukan pupuk organik setiap masa tanam. ini disebakan tanah pasir kurang baik dalam menyimpan air, sehingga unsur hara dalam pupuk organik selain habis terserap tanaman juga hilang terbawa air.

Baca Juga :  Sukses Bertani Melon Super

 

Pemupukan Pasca Tanam

 

Selanjutnya untuk pemupukan setelah tanam. Pemupukan pasca tanam usahakan tepat waktu Hst. Pilih pupuk kimia berkualitas, karena ketepan waktu pemupukan dan mutu pupuk sangat mempengaruhi kesuburan tanah. Gunakan pupuk NPK secara berimbang menurut usia tanaman. Gunakan NPK yang unsur K nya nitrat jangan yang klorida. Karena akan mudah larut dalam air.sehinga akan terserap seluruhnya oleh Tanaman dan tidak meninggalkan residu dalam tanah. Karena residu pupuk dalam tanah akan merusak tanah.

Baca Juga :  Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi, Berikut Teknik Budidaya Porang :

Untuk mengetahui antara yang klorida dan yang nitrat. Caranya ambil segenggam pupuk, lalu rendam dengan air kira-kira satu liter, jika semua larut berarti itu Kaliumnya nitrat, tapi jika masih ada butiran itu berarti Kaliumnya klorida.

 

Demikian tadi Kriteria dan struktur Tanah Yang Subur Sesuai Strukturnya dan Pemupukan Tanah Liat Pasca Tanam, semoga bermanfaat

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close