Cara membuat pupuk organik cair POC sendiri biaya murah tapi kualitas super

3 Rahasia Membuat POC Pupuk Organik Cair Super Ampuh

Diposting pada

Nanti kita belajar bersama-sama cara membuat pupuk organik cair ( POC ). Kita tau bahwa pupuk adalah kebutuhan pokok petani untuk nutrisi tanaman yang akan dipetik hasilnya, untuk berhasil panennya tentu butuh banyak pupuk yang berkualitas. Namun petani merasa kesulitan mendapatkan pupuk yang berkualitas dan murah, nah pupuk organik berikut ini bisa menjadi alternatif untuk sahabat petani yang membutuhkan pupuk yang murah, tidak mahal tapi ampuh, aman untuk tanah, tanaman, dan aman dikonsumsi buahnya.

Pupuk organik cair ini dapat menghemat dompet anda kawan…! sebab bahan-bahan yang harus disediakan hanya limbah dapur anda sendiri sob… dan bahan tambahan sedikit yang rahasia ya……penasaran bukan ? yuk lanjut …..cekidott….

 

Kelebihan Menggunakan Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair  (POC) memiliki banyak kelebihan yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan jenis tanaman apa saja, sehingga tanaman yang mas sis  budidayakan pertumbuhannya jadi sehat, subur, banyak buahnya, daunnya sehat, tahan penyakit dan hama.

Cara membuat pupuk organik cair (POC) sendiri di rumah

Nah berikut Manfaat dan Kelebihan Pupupk Organik (POC) Untuk Tanaman

  • Bisa merangsang tumbuhnya cabang produksi dengan baik
  • Cepat meningkatnya daya produksi bakalan buah juga bunga
  • Mengurangi bunga yang berguguran, memperbanyak bakalan buah, dan daun yang sehat
  • Menutrisi proses fotosintesis pada tanaman
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

 

Baca juga:

Fermentasi Air Kedelai Menjadi Pupuk Organik Cair ( POC ) Super Generatif

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Generatif dari Tanaman Krokot

Contoh Proposal Dana Bantuan Mesin dan Pupuk Pertanian

Cara Membuat Pupuk Organik Ajaib Racikan Haji Eng, Hasil Fantastis

Cara Mudah Membuat Pupuk Organik Cair

Sebelum ke tahap pembuatan, perlu difahami bahwa pupuk organik cair tidak bisa dimanfaatkan untuk pupuk utama ya bos… ! sebab bisa  sangat mudah terbawa karena erosi, kecuali kebun atau lahan anda punya atap yang dapat menahan erosi berlebih.

Maka dari itu sebaiknya mas bro  menggunakan pupuk organik yang jenis padat, sebab bisa lebih tahan lama saat berada dalam media tanam dan unsur hara yang diperlukan tanaman bisa terpenihi dengan baik.

Cara membuat pupuk organik cair POC sendiri biaya murah tapi kualitas super

Jadi, mas bro wajib juga menyediakan pupuk padat buat pupuk utama  ketika menanam dan pupuk organik cair yang disiapkan sebagai pupuk tambahan, hitung-hitung tambahan nutrisi lengkapnya.

 

1. Alat dan Bahan untuk Membuat Pupuk Organik Cair

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, kemudian  sediakanlah alat juga bahan untuk mulai pembuatan pupuk organik cairnya.

Baca :  Jenis Padi Unggul Hibridisasi dan Cara Seleksinya Membuat Petani Untung Dua Kali Lipat

Ada beberapa jenis yang bisa ente gunakan ketika meracik POC, berikut yang perlu dipersiapkan dan jangan ada yang ketinggalan ya bro !

  1. Kotoran hewan dibelakang rumah ente, ngk boleh kotoran ente ya.. nih pilihannya : bisa kotoran sapi, ayam, kambing, bebek, burung…..taik kucing jangan..!
  2. Limbah dapur rumah tangga, boleh juga memakai nasi bekas , sayuran busuk, buah busuk, dan lainnya
  3. Batang pisang, jangan salah pisangnya loh guys, pelepah batang pohon pisang yang sudah berbuah / sudah dipanen.
  4. Urine binatang ternak (urine sendiri juga bisa kok, banyak yang pakai loh, tapi kalau ngk jijik sih…! masak punyaan sendiri jijik? ), air cucian beras, air tebu, gula putih, air cucian beras bagus, gula merah juga bisa.  Semuanya tadi tambahin air secukupnya.
  5. Bubuk dari serpihan gergajian kayu dan serabut kelapa yang sudah dihaluskan.
  6. Mikroba pengurai bahan seperti EM4.
  7. Kayu atau kayu untuk menganduk bahan adonan….eh emang roti bro…! pokoknya buat ngaduk POC lah sobb
  8. Jerigen plastik ukuran besar ( yang ada tutupnya )
  9. Ember plastik ukuran tergantung ente bikin berapa liter POC nya.
  10. Pisau untuk memotong batang pisang.

Mengapa ane sarankan untuk pakai alat-alat yang berbahan plastik atau kayu ? sebab alat  berbahan plastik tidak bisa mempengaruhi atau mengurangi dan menambah kualitas bahan, lain kalau bila dengan bahan besi, maka akan mengurangi kualitas POC.

 

2. Pencucian dan Proses mencampur Bahan-bahan

Oke kita sudah masuk ke tahap pencucian dan pencampuran,  yaitu kamu harus mencuci semua bahan yang telah terkumpul tadi dengan menggunakan air

bersih. Tujuan di tahap ini yaitu menghindari bahan zat yang membahayakan, sebab bisa merusak proses fermentasi (kita bahas nanti ya bro).

Setelah semuanya dibersihkan, selanjutnya potonglah  bahan-bahan tadi sampai menjadi kecil-kecil, semakin kecil potongannya, maka semakin mudah juga proses fermentasi dan serta akan berproses dengan perfect, apa itu perfect bro…? jawabannya: sempurna…..pintar dah…

 

3. Tahap Pembuatan Pupuk Organik Cair

Kiita akan melakukan cara pembuatan pupuk organik cair dengan EM4. Singkat aja bro …… tarik sis….! semongko…..! . Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Larutkanlah bioaktivator seperti EM4 sebagai mikroba kedalam air seperlunya saja. Tambahkan pemanis natural gula merah jawa atau bisa juga gula aren, gula pasir, atau bisa juga air tebu…pokoknya yang manis-manis, manisnya janda boleh dah….!.  Diamkan dulu minimal 20 menit untuk membangunkan mikroba.
  2. Kemudian masukkan kotoran ternak sapi atau yang lainnya (kotorannya yang kondisi fresh ya) kedalam tong / ember plastik.
  3. Masukkan bahan-bahan yang sudah kamu cincang tadi, lalu tuangkan dan udek / ratakan kedalam tong / ember plastik.
  4. Masukkan seluruh bahan- bahan padat lain dan campur rata.
  5. Lalu tuang larutan bioaktivator yang sebelumnya sudah disiapkan. Jika butuh tambahan formula lagi, tambahkan juga terasi memacu lebih cepat proses mengurainya pupuk organik cair.
  6. Lanjut, campur air kencing dan semua bahan cair lainnya ke dalam ember dan aduk pelan-pelan hingga merata (jangan lama-lama ngaduknya, pokoknya rata).
  7. Tambahkanlah air secukupnya, ini penting ya om, perbandingan air adalah 35 % cair dan 65 % padat. Aduk pelan dengan tongkat kayu atau plastik.
  8. Selanjutnya tutup tong rapat-rapat dan pastikan juga tidak ada lubang yang membuat udara di dalam tong bisa keluar. Lalu masukan selang kecil melalui tutupnya tong yang sebelumnya sudah dilubangi dan masukan ujung selang tadi ke dalam botol yang diberi air (botol mineral 2 liter bekas bisa). (keterangan di gambar 2)
Baca :  Kopi Mandailing Sumatera Cita Rasa Kopi Terbaik Dunia

 

4. Tahap Akhir yaitu Penyaringan


Setelah kita lakukan semua tahap 1,2,3, biarkanlah tong selama 10 hari sampai muncul bau seperti fermentasi tape, jika belum tercium diamkan lagi sampai ada bau.

Langkah penyaringan, dikerjakan  dengan cara memisahkan ampas dengan cairannya. Bisa menggunakan alat penyaringan atau kain tipis dengan memisahkan  air dari ampasnya.

 

Nah seperti itulah cara membuat pupuk organik  POC, yuk membuat tanaman menjadi lebih terawat !. Saya rasa cukuplah, semoga informasi ini dapat bermanfaat.