Hidroponik

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sistem NFT

Cara Membuat Sistem NFT Hidroponik

Hidroponik sistem NFT atau Nutrient Film Technique merupakan sistem yang memanfaatkan sirkulasi nutrisi. Aliran air dibuat dangkal atau tipis, sehingga tidak merendam akar sepenuhnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan nutrisi, air, dan oksigen secara bersamaan sehingga lebih menghemat tenaga kerja dan waktu.

 

Instalansi NFT sengaja dibuat agak miring sekitar 5 – 10 derajat untuk menghindari menggenangnya air dan mempermudah pergerakan sirkulasi air nutrisi. Sistem kerja sistem NFT cukup mudah, air nutrisi dipompa ke bak tanam untuk membasahi akar kemudian kembali lagi ke tandon nutrisi dan disirkulasi kembali ke bak tanam. Sirkulasi dilakukan selama 24 jam penuh agar tanaman tidak kekurangan unsure hara.

Baca juga:

Cara Hidroponik System Wick Untuk Pemula dan Rumahan

Cara Mudah Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik dan Tanaman Cepat Subur

Dengan sistem NFT, akar tidak terendam sepenuhnya memungkinkan akat mendapat oksigen lebih banyak. Adanya aliran air dan nutrisi kecil kemungkinannya terjadi endapan nutrisi, residu, dan kotoran akan mengakibatkan stress dan toksistas pada tanaman. Tanaman pun dapat tumbuh lebih baik, cepat dan seragam.

Baca Juga :  KHG (Komunitas Hidroponik Gresik) Kini Punya Kebun Hidroponik

 

Kelebihan Sistem NFT

Sistem hidroponik NFT sangat cocok diterapkan pada kebun hidroponik skala industry karena mempunyai beberapa kelebihan, antara lain :

 

  • Pertumbuhan tanaman lebih cepat

Dibandingkan dengan sistem lainnya, pada sistem NFT pertumbuhan tanaman lebih cepat. Hal ini dikarenakan kebutuhan air, nutrisi, dan oksigen akar tanaman perpenuhi.

 

  • Mudah mengontrol keadaan nutrisinya

Pemberian nutrisi merupakan hal yang paling penting dalam hidroponik. Pertumbuhan tanaman akan optimal jika pemberian dan pengaturan nutrisi bisa terkontrol. Control nutrisi dapat dilakukan pada tandon air nutrisi.

 

  • Kemungkinan kecil terjadi endapan

Larutan nutrisi disirkulasi secara menerus sehingga kemungkinan kecil terjadi endapan dan residu dalam bak tanam atau gully.

 

  • Pertumbuhan tanaman seragam

Karena ada sirkulasi larutan nutrisi terus menerus, memungkinkan setiap tanaman mendapatkan nutrisi yang sama. Oleh karena itu tanaman dapat tumbuh secara seragam. Keseragaman pertumbuhan tanaman menguntungkan karena tanaman tumbuh secara optimal. Tidak ada tanaman yang lebih besar atau dominan yang mengganggu tanaman yang lebih kecil.

  • Cocok untuk tanaman yang membutuhkan air yang banyak
  • Aliran air nutrisi stabil sehingga tanaman dapat menyerap nutrisi dengan baik berimbas pula pada proses fotositensis yang berjalan lancar.
  • Tidak perlu melakukan penyiraman
Baca Juga :  Kesalahan Ketika Memulai Hidroponik Tanaman Sayuran dan Buah

 

Kekurangan sistem NFT

  • Tergantung pada listrik

Sirkulasi air nutrisi ke gully membutuhkan pompa listrik. Jika tidak ada aliran listrik maka sirkulasi terhenti dan tanaman akan kekurangan unsure hara. Sistem ini tidak cocok untuk daerah yang sering terjadi pemadaman listrik. Untuk mangantisipasinya bisa mengaplikasikan rangkaian solar sistem.

 

  • Penyebaran penyakit sangat cepat

Penyakit yang disebabkan oleh jamur akan tersebar dengan cepat melalui air nutrisi yang disirkulasi. Jika ada satu tanaman yang terinfeksi jamur, maka akan menular ke tanaman lainnya dengan cepat melalui air nutrisi. Penyebaran penyakit pun terjadi secara merata. Namun anda tak perlu khawatir, anda dapat melakukan monitoring hama dan penyakit secara rutin. Segera melakukan tindakan jika ada satu tanaman yang terinfeksi.

Baca Juga :  Berkebun Cabe Dengan Metode Hidroponik

 

  • Pembuatan instalasi tergolong mahal

Modal awal pembuatan instalasi cukup mahal. Banyak peralatan yang dibutuhkan.

  • Butuh ilmu dan ketelitian yang baik, sehingga tidak cocok untuk pemula.

 

Gimana sudah ada rancangan untuk praktek membuat atau merakit hidroponik sistem NFT ?  baiklah, lain waktu kita bahas cara membuat sistem hidroponik menarik yang lain, yaitu Wick system, NFT untuk profesional dan skala industri,  Ebb & flow system, Water Culture System, Drip sistem, Aeroponyc, Bubbleponics (Sistem Gelembung),  DFT Sistem (Deep Flow Technique),  Sistem Fertigasi, Bioponic,  Dutch Bucket dan lain sebagainya. Selamat mencoba !

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close