Hidroponik

Cara Menggunakan AB Mix Untuk Nutrisi Tanaman Hidropnik

Harga dan jenis AB MIX untuk buah dan sayur

Nutrisi AB Mix sangat populer dalam dunia hidroponik yang terdiri atas 2 nutrisi yaitu nutrisi A dan nutrisi B. Nutrisi A mengandung unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Sedangkan nutrisi B mengandung unsur hara mikro seperti besi, tembaga, klorin, dan lainnya. Mengapa dibuat terpisah? Karena jika kedua macam nutrisi tersebut dicampur dalam keadaan pekat akan menimbulkan endapan.

 

Unsur kalium berperan dalam proses fotosintesis. Tugasnya adalah membantu menyebarkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman. Selain itu juga membantu tanaman menyerap air dan unsure hara.

Saat pembibitan unsure nitrogen dibutuhkan tanaman untuk menguatkan bibit dan membantu pembentikkan daun. Sedangkan sistem perakaran dibantu oleh unsure fosfor. Fosfor juga berfungsi untuk mempercepat pembentukkan bunga dan pematangan buah, memperkuat dinding sel tanaman sehingga memperkuat daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Baca juga:

Cara Termudah Membuat Media Tanam Hidroponik dengan Paralon dan Botol Bekas

Cara Hidroponik System Wick Untuk Pemula dan Rumahan

Kelebihan dan Kekurangan Hidroponik Sistem NFT

 

Penggunaan nutrisi AB Mix perlu dilarutkan secara terpisah terlebih dahulu. Kemudian menambahkan ke dua nutrisi tersebut ke dalam air. Hal ini perlu dilakukan, karena akar tanaman hanya dapat menyerap nutrisi yang terlarut sempurna dalam air. Jika belum terlarut sempurna, penyerapan unsur hara oleh tanaman akan terhambat dan menyebabkan pipa hidroponik tersumbat.

Baca Juga :  Kesalahan Ketika Memulai Hidroponik Tanaman Sayuran dan Buah

Tersedia 2 bentuk nutrisi AB Mix yang beredar di pasaran, yaitu dalam bentuk cairan atau butiran. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai bahan pertimbangan, bentuk butiran lebih menguntungkan karena harganya yang lebih murah.

 

Cara Melarutkan Nutrisi AB Mix

Dalam membuat larutan nutrisi, anda perlu menyiapkan 2 botol plastik. Jika anda membuat larutan nutrisi cukup banyak, anda bisa menggunakan jirigen.

Botol plastic 600 mL dapat digunakan untuk wadah larutan nutrisi AB Mix bentuk butiran sebanyak 250 gram. Sedangkan botol plastic 1 L untuk 500 gram. Berikut adalah cara melarutkannya :

  1. Masukkan nutrisi A ke dalam botol plastic
  2. Masukkan air bersih ke dalam botol. Tidak sampai penuh, cukup setengah dari kapasitas botol.
  3. Tutup botol hingga rapat.
  4. Kocoklah secara perlahan hingga benar-benar terlarut semua.
  5. Jika sudah anda pastikan terlarut semua, tambahkan air bersih hingga leher botol.
  6. Tutup botol hingga rapat, lalu kocok perlahan hingga larutan tercampur sempurna.
  7. Beri label pada botol nutrisi A. anda bisa menggunakan spidol permanen untuk melabelinya.
  8. Lakukan cara yang sama untuk melarutkan nutrisi B.
Baca Juga :  Pengembangan Bisnis Agro Hidroponik Skala Industri Ngetrend di Perkotaan

Kedua larutan pekat nutrisi yang anda buat memiliki perbedaan warna. Larutan pekat nutrisi A bewarna hijau kecoklatan, sedangkan nutrisi B bewarna putih keruh.

Langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah cara menyimpan larutan pekat tersebut. Botol larutan pekat sebaiknya tidak terkena cahaya matahari langsung. Ada baiknya jika anda simpan di tempat yang gelap dan sejuk.

Larutan pekat tidak dapat disimpan dalam keadaan tercampur, karena akan menghasilkan endapan kalium sulfat yang terbentuk dari pertemuan kation Ca (dalam larutan pekat A) dan anion sulfat (dalam larutan pekat B). endapan yang terbentuk akan mengganggu penyerapan unsure Ca dan S oleh akar.

Jika kation Ca bertemu dengan anion fosfat (dalam larutan pekat B) akan menghasilkan endapan kalium fosfat sehingga akar tidak dapat menyerap unsure Ca dan P.

 

Cara membuat larutan nutrisi hidroponik

Larutan nutrisi AB mix memiliki banyak keunggulan untuk sistem hidroponik karena mengandung unsur hara makro maupun mikro yang lengkap. Namun jika anda membuat larutan nutrisi hidroponik yang kelebihan dosis dapat menyebabkan tanaman terbakar.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Pot Hidroponik dari Botol Plastik dan Tanaman Cepat Subur

Agar terhindar dari kelebihan dosis, perhatikan langkah membuat larutan hidroponik di bawah ini :

  1. Siapkan wadah penampung nutrisi.
  2. Siapkan 1 L air bersih.
  3. Ambil masing – masing 5 mL larutan pekat A dan B, kemudian masukkan ke dalam air bersih.
  4. Campur hingga larut sempurna.
  5. Larutan nutrisi hidroponik siap digunakan.

 

Kepekatan larutan nutrisi hidroponik dibuat sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Jika anda menambahkan 3 mL larutan pekat A dan 3 mL larutan pekat B ke dalam 1 L air bersih akan menghasilkan larutan dengan tingkat kepekatan 500 ppm.

Apabila anda menambahkan larutan pekat A dan B masing-masing 1 mL ke dalam larutan nutrisi yang anda buat sebelumnya. Anda akan menaikkan kepekatan sebesar 130 ppm. Sehingga kepekatan larutan menjadi 630 ppm (500 + 130).

Anda dapat mendapatkan nutrisi AB Mix di toko pertanian atau online shop. Harga nutrisi ini cukup terjangkau, sekitar 30.000 untuk 250 gram.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close