Perkebunan

Jenis Tanaman dan Hewan Ternak Unggul Dapat Juga Diperoleh Melalui Mutasi Buatan

Jenis unggul tanaman dapat juga diperoleh melalui mutasi buatan. Caraini banyak dilakukan pada tanaman-tanaman misalnya tomat,anggur, jeruk, kubis, dan gandum. Tanaman hasil mutasi buatan ini pada umumnya adalah poliploid, yaitu kromosomnya bertambah banyak (>2n) dan gagal membentuk alat generatif.

 

Tanaman unggul hasil mutasi buatan

Sehubungan dengan itu tanaman poliploid harus dibibitkan terus-menerus. Seperti tanaman semangka yang banyak digemari orang.

Baca juga:

Macam Alat Penanam Biji Benih Tanaman Otomatis dan Modern

Baca Juga :  Tomat Matang Bisa Jadi Obat Luka Bakar Ampuh, Berikut Caranya

Jenis Padi Unggul Hibridisasi dan Cara Seleksinya Membuat Petani Untung Dua Kali Lipat

 

Memperbaiki keturunan Hewan Ternak Unggul

Sedangkan pada hewan ternak unggul terdapat beberapa cara untuk memperbaiki keturunan, yaitu:

a. Purebreeding (Silang murni): mengawinkan ternak jantan dan betina yang sama bangsanya, bertujuan untuk mempertinggi sifat homozigot. Misalnya perkawinan antara sapi Madura dipulau Madura.

b. Inbreeding (Silang dalam): perkawinan antara ternak jantan dan betina yang masih ada hubungan famili (keluarga). Bila hubungan famili sangat dekat disebut sebagai Close breeding (silang dekat).

Baca Juga :  Bahaya Formalin Pada Buah Impor dan Bahaya Pengawetnya Untuk Kesehatan

c. Crossbreeding (Silang luar): perkawinan silang antara dua bangsa yang berdarah murni (galur murni) yang bertujuan untuk mendapatkan ras baru yang memiliki sifat-sifat menonjol. Misalnya perkawinan antara sapi Fries-Holland dengan sapi Madura.

d. Upgrading: perkawinan antara pejantan yang diketahui mutunya (biasanya didatangkan dari luar negeri) dengan betina-betina setempat. Perkawinan ini bertujuan untuk memperbaiki mutu ternak rakyat.

Baca Juga :  Manfaat Limbah Karbit Sebagai Pestisida dan Pupuk Tanaman

 

Usaha perbaikan mutu tumbuhan dan hewan piaraan dapat juga dilakukan dengan mengawinkan (membastarkan) hewan danumbuhan liar dengan tumbuhan atau hewan peliharaan. Tumbuhan dan hewan liar tersebut merupakan kekayaan alam yang disebut dengan sumber gen atau plasma nutfah.

Demikian dulu penjelasan Jenis Tanaman dan Hewan Ternak Unggul Dapat Juga Diperoleh Melalui Mutasi Buatan. /Amelia z

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close