Sumber Energi Terbarukan dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Masa Depan

Kincir Angin adalah satu alat untuk pembangkit listrik terbarukan

Sumber energi terbarukan sebenarnya  bersumber atau berasal dari alam dan jumlahnyapun sangat melimpah dan tidak akan habis, seperti halnya pemanfaatan energi dari air, angin, panas bumi, cahaya matahari juga biomassa.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menargetkan energi terbarukan bisa mencapai 15% di tahun 2022 dan 23% di tahun 2025. Kementerian ESDM memprediksi juga akan potensi energi terbarukan yang ada di Indonesia dapat mentarget mencapai 417,8 gigawatt (GW).

Potensi energi terbarukan yang ada adalah berasal dari :

1. Arus laut samudera,

2. Panas bumi,

3. Bioenergi,

4. Angin,

5. Air,

6. Cahaya matahari.

 

Manfaat Energi Terbarukan

Sumber daya terbarukan adalah kekayaan terbesar yang dipunyai oleh setiap negara. Manfaatnya sangat besar dan dapat dirasakan selamanya sebab jumlahnya berlimpah ruah.

Berikut adalah manfaatnya:

1. Dapat mengurangi pemanasan global

2. Sebagai sumber energi melimpah atau tak terbatas.

3. Bisa meningkatkan kesehatan manusia.

4. Bisa menghemat sumber daya dan uang.

5. Berpeluang besar dengan munculnya lapangan pekerjaan.

 

Nah kita sekarang sudah tau akan banyaknya manfaat dari penggunaan energi terbarukan. Kemudian  apa sajakah contoh energi terbarukan? Kita kutip dari beberapa sumber, salah satunya  dari belajar.kemdikbud.go.id, berikut adalah detailnya:

Baca :  Quick Alat Angkut Hasil Panen Lebih Untung dan Sangat Membantu Petani

 

1. Tenaga Air

PLTA adalah salah satu energi terbarukan

Air adalah energi terbarukan yang kini banyak dimanfaatkan oleh manusia modern untuk menggantikan energi fosil.  Air mempunyai sifat yang bisa terbarukan secara terus menerus dan selalu tersedia. Dalam gerakan air yang besar ternyata dapat  menghasilkan energi alami yang berjumlah besar pula. Air yang dimanfaatkan sebagai sumber energi hijau dapat berasal dari derasnya arus air sungai atau besarnya ombak di lautan. Energi yang dihasilkan oleh air tersebut bisa difungsikan dan dikonversi menjadi sumber listrik. Energi dari air ini pun dapat diproduksi secara terus-menerus dalam waktu 24 jam setiap hari. Di Indonesia juga memanfaatkan energi air, yaitu seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso yang memiliki kapasitas 66 megawatt.

 

2. Panas Bumi

Energi terbarukan dari panas bumi

Energi panas bumi atau geothermal yaitu berasal dari memanfaatkan panas dari dalam bumi, kemudian diolah menjadi energi. Panas bumi yang ada di planet bumi kita ini sekitar 5,500 celcius. Sedangkan tiga meter teratas permukaan bumi mempuyai suhu konstanta antara 10-16 celcius di sepanjang tahunnya. Sumber energi terbarukan inilah asalanya dari dalam inti bumi dengan tenaga maksimal yang sangat besar dan jumlahnyapun sangat melimpah. Pembangkit listrik yang berasal dari panas bumi biasanya mempunyai sumur berkedalaman sampai 1,5 km atau lebih yang fungsinya sebagai pencadangan panas bumi.

Baca :  Harga Mesin Perontok Padi Modern Berbagai Merk Pilihan

Pemanfaatan panas bumi sebagai energi yang terbarukan mempunyai banyak kebaikan, diantaranya:

1. Jadi sumber energi bersih yang sangat ramah lingkungan,

2. tidak terlalu butuh lahan yang begitu luas,

3. Tidak terpengaruh oleh cuaca dan pemasokan bahan bakar

4. Jauh dari resiko naiknya bahan bakar dari fosil

 

3. Biomassa

Biomassa juga merupakan energi terbarukan yang berasal dari organisme seperti hewan, tumbuhan. Misalkan biomassa diantaranya pepohonan, rumput, limbah pertanian, limbah hutan, kotoran ternak, dan tinja. Energi alternatif dari biomassa ini umumnya dijadikan sebagai bahan bakar.

 

4. Cahaya Matahari

Pembangkit Listrik Tenaga Matahari menbutuhkan Panel Surya

Panas dari matahari sebenarnya dapat menjadi energi yang bisa dimanfaatkan untuk beebagai macam kebutuhan. Memanfaatkan energi matahari ini bisa dilakukan langsung dengan membiarkan obyek pada radiasi dan panas matahari. Cara kedua bisa dengan media bantu yaitu panel surya. Banyak di berbagai negara sudah menggunakan panel surya untuk pembagkit listrik mulai proyek kecil dan besar. Data International Renewable Energy Agency (IRENA), Indonesia jadi negara G20, namun kapasitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) paling rendah di tahun 2020. Kapasitas PLTS yang dipunyai negara ini di saat itu hanyalah 171,8 MW. Sedangkan negara Tiongkok menduduki posisi pertama dengan kapasitas 73,8 GW dan angka tersebut tiga kali lipat lebih besar dari pada Amerika Serikat.

Baca :  Mesin Industri Crusher Ball Mill Penggiling dengan Kekerasan Tinggi

 

5. Tenaga Angin

Kincir Angin adalah satu alat untuk pembangkit listrik terbarukan

Angin adalah sumber dari energi terbarukan yang juga melimpah. Angin dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi dengan dibantu kincir angin. Energi mekanik yang sudah dihasilkan kincir angin ini dapat diaplikasikan secara langsung ataupun dikonversi jadi listrik. Sumber energi angin jadi pilihan zaman modern, sebab selain ramah lingkungan juga bebas polusi jika diperbandingkan dengan bahan bakar dari fosil ataupun nuklir. Untuk mendapatkan kestabilan energi dari angin, maka turbin angin perlu dibangun pada tempat yang kecepatan anginnya konstan dan arah anginnya yang tidak selalu berubah.

 

Demikian tadi macam-macam sumber energi terbarukan yang menjadi alternatif sebagai energi cadangan dan banyak manfaatnya untuk kehidupan. Semoga bermanfaat.