Pentingnya Suplemen Tetes Tebu Pada Usaha Peternakan

Diposting pada

Pentingnya Suplemen Makanan Tetes Tebu Pada Usaha Peternakan. Pakan ternak yang paling baik yaitu pakan yang berkualitas bernutrisi dan sangat menunjang untuk pertumbuhan dan reproduksi pada hewan ternak.

 

Jenis Pakan Ternak Umumnya terbagi 3 jenis:

  1. Pakan utama , yaitu tumbuhan hijau atau rumput dan dedaunan
  2. Pakan penguat ternak, berupa konsentrat
  3. Makanan suplemen

 

Suplemen Tetes Tebu

Pemenuhan kebutuhan pakan ternak jenis pertama dan kedua seringkali belum menjamin terpenuhinya unsur-unsur tertentu, seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Oleh sebab itu, suplemen yang dibutuhkan sulit didapat oleh hewan ternak dari alam bebas.

Baca :  Beberapa Manfaat Tetes Tebu / Molase Untuk Ternak Sapi dan Unggas

Saat ini, teknologi perindustrian sudah mencukupi kebutuhan suplemen bagi hewan ternak. Salah satu suplemen diantaranya tetes tebu / molase.

Tetes tebu / molase merupakan produk dari industri pengolahan gula tebu atau bit. Sebab bahannya dari sisa pengolahan gula, molase banyak mengandung karbohidrat yang mudah larut, gula, mineral, dan asam-asaman organik.

Molase umumnya berupa cairan kental berwarna coklat tua. Selain sebagai suplemen untuk ternak, molase juga merupakan bahan baku pembuatan etanol, MSG, gasohol, bahan industri konstruksi,bahan industri fermentasi, dan bahan pembentuk asam sitrat.

Baca :  Cara Pembuatan Molases atau Tetes Tebu dan Manfaatnya

Tetes Tebu atau molase sudah banyak dimanfaatkan di dunia peternakan, baik itu sapi, kambing dan unggas.