Toga, Herbal & Kesehatan

Tomat Memang Tepat untuk Kesehatan Sperma

Kandungan lycopene pada tomat dipercaya bisa menambah jumlah sperma hingga 70 persen. Tomat tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tapi penelitian terbaru mengungkap kalau buah yang kaya antioksidan dan vitamin A ini juga bisa meningkatkan kesuburan pada pria.

 

Tomat dan Wortel Kaya Lycopene yang Bisa Meningkatkan Produksi Sperma

 

Baca juga;

Tomat Matang Bisa Jadi Obat Luka Bakar Ampuh, Berikut Caranya

Obat Atasi Kanker Serviks Dengan 5 Bahan Alami Ini

Bajakah Obat Kanker Terbaik Yang Ada di Hutan Kalimantan Suku Dayak

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Anda

Penelitian yang hasilnya telah dipublikasikan dalam jurnal Cleveland Clinic di Ohio  tersebut telah menganalisa 12 studi yang pernah dilakukan oleh sekelompok peneliti di berbagai dunia. Ke-12 studi tersebut menunjukkan bahwa lycopene memang bisa meningkatkan produksi sperma dan kecepatan sperma saat berenang menuju sel telur.
Studi lainnya menunjukkan bahwa lycopene, yang juga dikenal sebagai anti kanker dan tabir surya alami bagi kulit bisa mengurangi risiko penyakit prostat yang menyebabkan gerakan sperma melambat atau bahkan kanker prostat.

Baca Juga :  5 Cara Untuk Mengatasi Hepatitis Dengan Menggunakan Bahan Alami

Kesehatan Sperma dan Cara Meningkatkan Kesuburan Pria 

 

Studi lain yang dilakukan di klinik di Bourn Hall, Cambridgeshire, Inggris juga menunjukkan bahwa lycopene berkhasiat menurunkan risiko kerusakan pada sperma. Selain tomat, makanan lain yang juga berkhasiat meningkatkan kesuburan pria adalah wortel, paprika merah, semangka dan pepaya.

Baca Juga :  Resep Cara Membuat Ayam Rempah Kecap

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa pria yang paling banyak makan wortel memiliki motilitas (kemampuan bergerak) sperma paling bagus. Sementara itu, juga masih menurut hasil studi, pria yang rajin mengonsumsi makanan kaya lycopene memiliki jumlah bentuk sperma abnormal yang lebih sedikit ketimbang pria yang jarang mengasup lycopene.

Agar sperma tetap sehat, para pria juga disarankan mengonsumsi ikan berdaging putih. Ikan yang memiliki daging berwarna putih seperti cod, kakap atau halibut kaya akan zinc yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pada pria. Berdasarkan studi dari Harvard Unversity, pria yang banyak makan daging olahan, daging merah dan tuna memiliki kualitas sperma yang lebih rendah ketimbang pria yang rajin makan ikan berdaging putih.

Baca Juga :  Pengertian dan Manfaat Tanaman Lenglengan Untuk Mengobati Epilepsi dan Cacingan

Makanan lainnya yang juga berkhasiat menjaga kesehatan sperma adalah ginseng. Menurut National Institutes of Health, tanaman ini efektif menambah produksi sperma. Berdasarkan hasil penelitian, pria yang mengonsumsi suplemen ginseng secara rutin punya jumlah sperma yang lebih banyak dengan motilitas sperma yang bagus./detikcom

(hst/hst)

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close