Kambing

Kesabaran dan Ketlatenan Adalah Kunci Sukses Ternak Kambing

Kemajuan teknologi peternakan kambing sungguh sudah sangat pesat, banyak bermunculan produk-produk yang membantu peternak kambing dalam mengelola ternaknya.

Produk Probiotik dan Produk Suplement

Bermunculannya berbagai produk probiotik dan produk suplement ternak kambing sangat membantu peternak, sebut saja beberapa merk yang sungguh sangat mudah di dapatkan khususnya melalui media internet, ada HCS SOC, Viterna, Tangguh, Starbio, Vittoterna, Ragi jerami dan masih banyak lainnya.

Produk-produk diatas sangat membantu peternak untuk memaksimalkan ternaknya, mulai dari peningkatan berat badan kambing, memangkas banyak waktu untuk mencari pakan kambing, mengurangi biaya pengadaan pakan kambing karena bisa memanfaatkan aneka sumber makanan di sekitar kandang sampai dengan mampu mengurangi aroma tidak sedap dari kotorannya.

Namun menurut kami, produk-produk di atas bukanlah produk ajaib yang bisa membuat anda langsung bisa “leyeh-leyeh” atau bersantai ria bahkan cenderung malas-malasan, produk di atas sifatnya hanya membantu dan meningkatkan efektivitas usaha ternak anda, produk di atas tidak akan banyak bermanfaat kalau anda tetap tidak telaten, tidak mau berinovasi dan tidak mau banyak menerima ilmu baru mengenai dunia peternakan kambing.

Baca Juga :  Bisnis Ternak Kambing Etawa Prospeknya Cukup Menjanjikan

Berbagai pakan alternatif hasil kolaborasi dengan produk di atas tentu saja tidak bisa langsung disantap oleh ternak kambing, anda HARUS telaten dalam mengoplos makanan ternak anda, mulai dari hijauan dan pakan alternatif sampai dengan full pakan alternatif, namun apabila sumber pakan hijauan di lokasi anda mudah didapat..gunakanlan pakan alternatif ini untuk sajian sore hari, nah hal seperti inipun membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

 

Ketelatenan ini rasanya perlu kami angkat kembali karena menurut kami yang tiap harinya banyak mendapatkan sms, telpon mengenai produk probiotik ini, ada kesan bahwa banyak orang terlalu besar harapannya terhadap produk probiotik dan suplemen seperti di atas. Harapan yang berlebihan ini apabila tidak di imbangi dengan kesabaran dan ketelatenan malah akan menjadi boomerang bagi peternak sendiri.

Baca Juga :  Cara Efektif Meningkatkan Produksi Susu Kambing

Apabila dalam aplikasi produk probiotik maupun supplemen ini hasilnya kurang baik, biasanya peternak langsung memberikan label ” JELEK ” kepada produknya dan pasti akan patah arang, nah yang jarang dilakukan adalah mengevaluasi, kenapa belum berhasil, kepada siapa harus berkonsultasi supaya berhasil dan sebagainya. Terkadang faktor marketing produk probiotik dan supplemen ternak kambing ini juga sedikit banyak berpengaruh, ada kalanya rekan marketing terlalu bersemangat dalam memasarkan produknya tanpa diimbangi dengan layanan pendampingan ataupun konsultasi yang baik, intinya bagaimana bisa jual sebanyak-banyaknya dan mendapat poin reward dari kantornya.

Ada 1 hal lagi yang bisa membuat naik turun semangat dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi peternakan kambing ini, yaitu faktor masyarakat, nah mau ngak mau anda harus agak sedikit bersabar dan tetap bersemangat apabila masyarakat di sekitar anda menyangsikan apa yang anda lakukan dengan produk probiotik dan supplemen ini.

Baca Juga :  Budidaya Ternak Kambing dan Perencanaannya

Akhir kata, mari bersama-sama untuk semakin bijak menyikapi perkembangan dunia peternakan kambing ini, supaya kita semua bisa merasakan hasil yang lebih baik dari hari ke hari.

tag: ternak kambing, tips ternak kambing, sukses beternak, ternak kambing etawa, pakan kambing, jual pakan kambing, kambing kurban, harga kambing kurban, cara kambing mau makan pakan fermentasi, gedebok fermentasi pakan kambing, jerami fermentasi pakan kambing, pakan fermentasi, peternakan kambing, ternak kambing jawa, ternak kambing jawa timur, peternakan kambing bojonegoro, harga kambing 2014, pakan ternak kambing, pakan ternak yang cocok untuk kambing, kambing kawin, belajar ternak kambing, peternak sukses kambing, hari raya kurban kambing, kambing dolly, harga daging kambing, ternak kambing

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

One Comment

  1. mohon dikirim artikel ke email saya tentang usaha peternakan kambing yg praktis dan higienis serta kemanfaatan bagian2nya hingga limbahnya, dengan foto kambing dan kandangnya yg sehat berdasar jenis, kualitas dan harga serta fenomena-fenoma usaha yang menarik ini. jazakumullahu khairankatsiro, semoga Allah senantiasa membalas kebaikan kita,amin

    wassalam,

    armiyanto muhamad
    082321010086
    329ca977
    dusun pogorsari rt.06/06 kawalimukti kawali ciamis jawa barat

Leave a Reply

Back to top button
error: Content is protected !!
Close