PadiPertanian

Mengenal Manfaat dan Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Ciri Beras Hitam, Harga, Cara Memasak, Untuk Diet dan Asam Lambung

Menurut pakar gizi dan kesehatan, beras hitam memiliki kandungan yang lebih baik dari pada beras putih. Beras hitam ini memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala penyakit, dapat memulihkan  kerusakan dalam sel hati, menyembuhkan  gangguan fungsi ginjal, dapat  mencegah kanker /  tumor, perlambat penuaan dini.

Mengenal Berbagai Jenis Beras dan Juga Ciri-cirinya

Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisahkan dari sekam, Penduduk Indonesia mayoritas menggunakan beras sebagai makanan pokok mereka itulah sebabnya tak heran jika mayoritas petani di Indonesia menanam tanaman padi di sawah, Beras memiliki banyak varian dan beberapa diantaranya mungkin sudah anda kenal karena banyak tersedia di pasaran, pada kesempatan siang ini admin akan berbagi sdikit info mengenai jenis-jenis beras dan juga cirinya.

Baca Juga :  Kandungan Tetes Tebu dan Manfaatnya di Industri Peternakan dan Pertanian

Baca juga:

Mengenal Manfaat dan Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Komoditas Sorgum Kaya Karbohidrat Pengganti Beras

Beras Hitam dan Beras Putih

Faktor genetik menjadikan bulir pada beras hitam memiliki banyak pigmen warna yang berbeda,  ini karena perbedaan  gen yang mengatur warna pada aleuron, perbedaan warna endospermia, dan sari pati pada endospermia.

Pada beras putih biasa  yang transparan mengandung  sedikit aleuron dan terdapat zat amilosa diperkitakan 23%. Jenis beras ini sangat laku di Indonesia, sebab beras ini paling banyak dikonsumsi. Sedangkan beras merah, terdapat kandungan aleuron dan  terdapat gen yang menghasilkan antosianin sebagai sumber warna merah atau ungu.

 

Beras hitam, ini merupakan jenis beras yang cukup langka harga dipasaranpun cukup tinggi untuk beras jenis ini, warna hitam pekatnya disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Baca Juga :  Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Generatif dari Tanaman Krokot

 

Pernah diteliti di Cina, kadar vitamin mikroelemen dan asam amino beras hitam  lebih tinggi dari pada jenis beras lainnya.  Warna memang kurang begitu menggoda, namun pigmen beras hitam sangatlah tinggi. Pigmen inilah yang banyak mengandung aleron dan endospermia yaitu menghasilkan antosianin yang bermanfaat sebagai zat antikarsinogenik yang fungsinya  meningkatkan kadar trombosit dan mengandung antioksidan tinggi.

 

Selain itu, pigmen ini juga kaya akan zat flavonoid yang bisa mencegah pengerasan pembuluh nadi. Sebagai informasi, kadar flavonoid pada beras hitam lebih tinggi lima kali lipat dari beras biasa. Keistimewaan lainnya beras hitam berserat tinggi.

Baca Juga :  Cara Membuat Urea Cair Organik Untuk Mengatasi Kekurangan Ketersediaan Pupuk Kimia

 

Laju pencernaan pati pada beras hitam lebih lamban ketimbang beras biasa . Maka, Anda yang mengkomsumsi nasi hitam akan merasa kenyang lebih lama.

Khasiat Beras Hitam Untuk Kesehatan

  • Bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit,
  • Memperbaiki kerusakan pada sel hati,
  • Bagus untuk sakit lambung
  • Mencegah kerusakan fungsi ginjal,
  • Mencegah penyakit kanker / tumor,
  • Memperlambat penuaan dini,
  • Banyak mengandung antioksidan,
  • Membersihkan kolesterol tinggi dalam darah,
  • Mencegah penyakit anemia.
  • Menurunkan berat badan dan cocok untuk diet
  • Oh iya sangat cocok menjaga daya tahan tubuh kita di masa pandemi Corona Covid-19 ini loh…!

Oke sedikit kita ulas singkat, mengenal beras hitam yang kaya kandungan dan sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close