Toga, Herbal & Kesehatan

Masker Bahan Kain Yang Aman dan Mengurangi Penularan covid-19

Masker kain yang aman untuk pernapasan dan cara membuat masker sendiri

Meningkatnya angka penyebaran Covid-19 membuat pemerintah menyerukan peraturan penggunaan masker untuk setiap warga negara. Masker yang diwajibkan adalah masker bahan kain, masker bedah dan N-95 dikhususkan untuk petugas kesehatan. Penggunaan masker dapat menurunkan tingkat penularan. Masker dapat berperan sebagai penghalang fisik ketika ada seseorang batuk atau bersin. Oleh karena itu penting untuk menggunakan masker ketika anda keluar rumah.

 

Aturan tersebut menjadi motivasi warga untuk membuat masker sendiri, dengan bahan yang mudah didapatkan. Bahkan kain perca pun bisa digunakan. Namun tahukah anda, setiap jenis kain memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Beberapa jenis kain dapat menyaring partikel yang lebih baik dari pada bahan lainnya.

 

Masker kain dapat membantu penurunan penularan covid-19

Bagaimana mekanisme masker kain dapat membantu penurunan penularan covid-19? Ada beberapa orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala apapun. Tanpa sadar orang tersebut menularkan ke yang lainnya. Jika mereka menggunakan masker maka mereka akan melindungi orang lain, walaupun dengan masker kain. Inilah alasan mengapa penting menggunakan masker.

Baca Juga :  Cara Awet Muda Kulit Halus dan Berseri Secara Alami

 

Menurut Healthline, dengan menggunakan double bahan sarung bantal atau piyama flannel dapat menyaring hingga 60%. Untuk mengetahui seberapa baik bahan menyaring, lakukan uji cahaya. Caranya, pegang erat-erat bahan dan arahkan ke sumber cahaya misalnya cahaya matahari. Kemudian amatilah, apakah cahaya masih terlihat apa tidak. Bahan yang semakin tebal dan semakin rapat, semakin besar pula kemungkinan menyaringnya lebih baik.

 

Ketika anda menggunakan bahan yang tebal, akan ada 2 masalah yang mengikuti. Pertama, anda akan mengalami kesulitan bernapas. Kedua, umumnya terbuat dari fiberglass dan komponen lain yang tidak aman untuk pernapasan. Jika anda menggunakan bahan selain katun, telitilah dalam memilih bahan lain.

 

Anna Davies dkk (2013) dalam jurnal “Testing the Efficacy of Homemade Masks : Would they protect in an Influenza Pandemic?” meneliti seberapa efektif masker homemade (kain) menangkal virus flu. Mereka menggunakan bakteri Bacillus atrophaeus (0.93 – 1.25 mikron) dan virus bakteriofag MS (0.023 mikron) pada berbagai macam bahan masker. Berikut hasilnya

Baca Juga :  Resep Cookies Milo (No Telur) pakai Teflon yang Temani Akhir Pekanmu
Jenis bahan Kemampuan menyaring bakteri 1 mikron Kemampuan menyaring virus
Masker bedah 97% 89%
Tas vacuum cleaner 95% 86%
Lap piring 83% 73%
Katun campuran 74% 70%
Kaus katun 100% 69% 51%
Sarung bantal antrimikroba 65% 68%
syal 62% 49%
Sarung bantal 62% 57%
linen 60% 62%
sutra 58% 54%

 

Apakah menggunakan double bahan lebih efektif ?

Menurut Anne Davies dkk, menggunakan double bahan tidak terlalu efektif. Menurutnya, dengan double bahan hanya menambah 1 atau 2% kemampuan menyaringnya. Contohnya pada double bahan kaos katun sebesar 71% sedangkan pada single bahan 69%.

Baca Juga :  5 Manfaat Coklat Untuk Kecantikan

Meskipun tas vacuum cleaner memiliki hasil yang terbaik, namun Anne Davies dkk tidak menyarankannya. Karena bahan terbuat dari bahan yang tidak aman bagi pernapasan. Mereka lebih menyarankan menggunakan kaos katun atau sarung bantal.

 

Mengapa kaos katun dan sarung bantal lebih baik?

Karena kaos katun dan sarung bantal merupakan bahan yang ramah untuk pernapasan. Tidak menyulitkan untuk bernapas. Tentunya ini mempengaruhi kenyamanan dalam memakai masker.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa lap piring memiliki kemampuan menyaring yang baik, namun tidak untuk pernapasan. Jika menggunakan lap piring, pengguna akan mengalami kesulitan bernapas sehingga tidak merasa nyaman.

Mari kita dukung program pemerintah dalam mengatasi penyebaran Covid-19. Menggunakan masker bukan satu-satunya yang mencegah penyebaran, namun iringilah dengan perilaku hidup sehat. Gunakan masker dengan benar dan tepat. Stay at home and keep healthy.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Baca juga

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close