Pertanian

Cara Membuat Herbisida Organik (Racun Rumput) dan Ramah Lingkungan

Rumput atau gulma  di area persawahan ataupun di halaman rumah sedikit mengganggu tanaman sehingga perlu dibersihkan, cara yang paling mudah dengan menyemprotkan herbisida organik alami, selain aman dan ramah lingkungan juga mudah cara membuatnya. Dari pada kita mencangkul, mencabut dan  mengarit  tentu banyak tenaga dan waktu.

Gulma selain menganggu juga dapat mengurangi kesuburan dari pada tanah.  Akibat menggunakan herbisida kimia dapat membunuh cacing dalam tanah dan spesies hewan kecil pengurai lainnya yang berada dalam tanah, sehingga menggunakan herbisida kimia bisa mencemari lingkungan sekitar tanaman atau ladang. Bertani secara organik sangat banyak manfaatnya, selain aman ramah lingkungan juga hasil tanaman kita aman konsumsi dan sehat.

 

Berikut cara Membuat Herbisida Organik (Racun Rumput) Sendiri

 

Baca Juga :  Banyak Manfaat, Ini Cara Membuat Pupuk dari Ekstrak Asam Batu Organik

Keuntungan memakai herbisida organik yaitu efektif membasmi gulma, lahan tanaman dapat bertambah subur, sebab bahan yang  digunakan dalam membuat herbisida adalah bahan-bahan organik yang kaya akan unsur hara dan bagus juga dibutuhkan oleh tanaman, sedang  gulma yang telah mati menjadi kompos organik yang baik untuk lahan pertanian.

Herbisida bisa menyuburkan lahan pertanian karena pupuk organik itu sendiri. Tapi dengan dosis yang tinggi, pupuk organik ini ternyata bisa membunuh tanaman /  gulma. Pada intinya herbisida organik adalah dengan memberikan gulma pupuk organik dengan dosis yang tinggi.

 Bahan Yang Perlu Dipersiapkan

  • Air Kelapa muda / tua 5 Liter
  • Ragi tape 20 Butir
  • Bawang putih 300 gr
  • EM4 10 ml atau secukupnya
  • Botol atau curigen untuk penyimpanan dan ada tutupnya
Baca Juga :  Manfaat Pepaya, Obat Tradisional Indonesia

 

Cara Membuatnya

Masukkanlah air kelapa dalam curigen atau botol untuk menyimpanan, lalu masukkanlah ragi tape dan bawang putih yang sudah dilumat halus, terus aduk sampai menyatu rata.

Terus masukkan EM4. Fermentasi dulu kira-kira selama 2 minggu sudah cukup menggunakan sistem anaerob (kedap udara). Simpanlah pada tempat yang jauh dari sinar matahari langsung.

Setiap 2 hari, bukalah tutup curigen tadi untuk membuang sisa gas dari fermentasi.

 

Cara Menggunakan Herbisida Organik

Campurkanlah 500 ml herbisida organik dalam satu tangki sepriyer (17 liter). Sebaiknya menggunakan air sumur. Tips supaya maksimal ketika menyemprot, gulma harus sampai basah dan terkena rata oleh cairan herbisida yang sudah diracik.

Dilarang menyemprot saat gerimis apalagi hujan, herbisida luntur konsentrasinya dalam membunuh gulma dan jagan mengenai tanaman budidaya saat penyemprotan.

Baca Juga :  Manfaat Bawang Merah / Red Onion Untuk Ramuan Tradisional

 

Tips Tambahan 

  • Gunakan perekat pestisida organik supaya maksimal hasilnya.
  • Beberapa jenis gulma memang ada yang tidak langsung mati, utamanya batang dan akar yang keras. Tambahkanlah dosis jika diperlukan.

Bahan ramuan lain :

 

Air kelapa 1 liter.
Ragi 5 butir.

Fermentasi 21 hari. Semakin lama makin baik.

Dosis 40 -60 cc / tangki (16liter).

 

Oke demikian tips cara membuat  Herbisida Organik (Racun Rumput) yang  Ramah Lingkungan dan hasil budidaya  aman dikonsumsi.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close