kelebihan dan kekurangan mencangkok dengan floral foam

Cara Baru Mencangkok Tanaman Dengan Bahan Floral Foam

Diposting pada

Kelebihan dari perkembangbiakan dengan cara vegetatif buatan cangkok adalah memiliki sifat gen yang persis sama dengan induknya dan cepat berbuah. Pencangkokan umumnya sering diterapkan  pada tanaman yang berbuah dan tanaman yang berbunga dan sering juga pada pohon yang berbuah, lain halnya dengan teknik menanam biji yaitu sering  tidak sama dengan ciri  yang dipunyai induk tanaman.

 

Kelebihan Mencangkok dengan Bahan Floral Foam

Bahan floral foam adalah bahan yang sering digunakan oleh petani taman bunga, terutama yang jualan bunga segar untuk bahan pajangan seperti dalam ruangan. Floral foam digunakan sebagai media stek dan keunggulannya adalah agar rangkaian bunga tetap segar dan bisa dirangkai dengan cantik. Material atau bahan floral foam tidak keras tapi lembut dan empuk kuat  dan mudah  akar muda tanaman tembus ke bawah. Dengan begitu, pertumbuhan akar lebih cepat dan terlihat dengan baik.

Baca :  Cara Menanam Kangkung Darat dan Bagaimana Membudidayakannya Sampai Panen

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Dari Hasil Mencangkok Tumbuhan

Contoh Proposal Dana Bantuan Mesin dan Pupuk Pertanian

Cara Membuat Urea Cair Organik Untuk Mengatasi Kekurangan Pupuk Kimia

Mencangkok Tanaman dengan Floral Foam

Floral foam adalah batu yang diproses dengan temperatur yang sangat tinggi dan dicampur pewarna.

Floral foam  ada dua macam, yaitu kering dan  basah. Dikatakan jenis yang kering dikarenakan sifatnya tidak menyerap air, sedang floral foam jenis basah mampu menyerap air dengan cepat dan bisa menyimpan air dalam ruang pori dalam material fisiknya.

Cara memperoleh

Cara mudah untuk mendapatkan  floral foam sangat mudah, sudah tersedia di toko bunga dan toko pertanian yang lengkap.

Untuk mencangkok banyak bibit, floral foam sangat bagus dan meminimalisir biaya, sebab bahannya murah dan mudah didapatkan, yaitu berkisar antara Rp 500 hingga Rp 1000 untuk membuat satu bibit cangkok. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan