Pertanian

Cara Baru Mencangkok Tanaman Dengan Bahan Floral Foam

cara mencangkok mengunakan Floral Foam Basah dan Kering

Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Pencangkokan biasanya sering digunakan pada tanaman berbuah dan tanaman berbunga.

Tujuan Mencangkok dengan Bahan Floral Foam

Tujuan pencangkokan adalah memperbanyak tanaman agar yang dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Sangat berbeda jika pengembangbiakan dilakukan dengan teknik menanam biji, hasil yang didapat biasanya tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

Topik tentang mencangkok tanaman dengan bahan Floral Foam. Bahan floral foam adalah bahan yang lazim digunakan di berbagai penyedia karangan bunga, khususnya penyedia rangkaian bunga segar untuk bahan pajangan di dalam ruangan, karena floral foam digunakan sebagai media stek agar rangkaian bunga segar tersebut dapat dirangkai dengan apik dan tentu saja agar rangkaian bunga tersebut tetap berada dalam kondisi segar dalam kurun waktu yang cukup lama.

Cara Baru Mencangkok Tanaman Dengan Bahan Floral Foam

Seperti halnya batu apung yang terbentuk secara alami di alam, bahan dasar floral foam adalah batu yang dilelehkan pada temperatur yang sangat tinggi, yang kemudian ke dalam lelehan batu tersebut diberi warna tertentu.

Baca Juga :  Cara Menanam, Tips Budidaya dan Pemupukan Tembakau Berkualitas

Floral foam terbagi menjadi dua, tipe kering dan tipe basah. Disebut tipe kering karena sama sekali tidak menyerap air sedangkan floral foams tipe basah mampu menyerap air dengan cepat dan menyimpan air tersebut di dalam ruang pori di dalam material fisiknya. Sebagai bahan cangkok, floral foam tipe basah yang digunakan, sekali lagi karena mampu menyerap dan menyimpan air dengan baik.

Floral foam banyak digunakan karena kemudahan dan kelebihanya. Para pengkreasi penyedia rangkaian bunga segar manyatakah beberapa kelebihan pengunan bahan ini. Diantaranya daya simpan airnya yang sangat tinggi serta mempunyai ruang pori yang sangat banyak. Jika digunakan sebagai bahan cangkok, pertumbuhan akar akan mudah terjadi karena ketersedian air yang sangat tinggi di dalam media cangkok disertai kemudahan akar untuk tumbuh karena pada dasarnya secara fisik, material floral foam cukup rapuh dan lembut untuk ditembus oleh akar-akar muda sekalipun. Dengan demikian, pertumbuhan akar juga akan sangat cepat sekaligus mudah diamati.

Baca Juga :  Cara Membuat Pestisida Organik Nabati dari Daun Buah Sirsak

Cara memperoleh floral foam

Cara termudah untuk memperoleh floral foam adalah dengan membelinya di toko-toko penyedia karangan bunga atau rangkaian bunga segar, juga di beberapa nursery yang menyediakan perlengkapan budidaya tanaman, selain di supermarket pada bagian perlengkapan budidaya tanaman (pot, media tanam, pupuk, pestisida, dan sebagainya) dan tanaman tiruan/imitasi.

Baca Juga :  Pupuk Hayati dikenal Sebagai Pupuk Ramah Lingkungan dan Semakin diminati

Jika dibandingkan harga satuan blok floral foam dengan jumlah cangkokan yang dapat dibuat, maka biaya yang dikeluarkan ternyata relatif murah, berkisar antara Rp 200 hingga Rp 600 untuk membuat satu bibit cangkok.

Adapun angkah-langkah yang dilakukan dalam mencangkok dengan menggunakan bahan floral foam, hal ini sama dengan cara mencangkok mengunakan tanah dan kompos. Selamat mencoba * sumber leira buah tropis.

Kata Kunci:

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close