Connect with us

Pertanian

Cara Baru Mencangkok Tanaman Dengan Bahan Floral Foam

Pengembangbiakan dengan cara vegetatif buatan dengan cara mencangkok adalah memiliki keunggulan menjadikan tanaman memiliki sifat yang persis sama dengan induknya dan cepat berbuah. Pencangkokan umumnya sering diterapkan  pada tanaman yang berbuah dan tanaman yang berbunga.

Tujuan Mencangkok dengan Bahan Floral Foam

Tujuan pencangkokan adalah memperbanyak tanaman agar yang dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Kembangbiak tanaman dengan  teknik menanam biji, sering  tidak sama dengan ciri  yang dipunyai induk tanaman.

Topik tentang mencangkok tanaman dengan bahan Floral Foam. Bahan floral foam adalah bahan yang lazim digunakan di berbagai penyedia karangan bunga, khususnya penyedia rangkaian bunga segar untuk bahan pajangan di dalam ruangan, karena floral foam digunakan sebagai media stek agar rangkaian bunga segar tersebut dapat dirangkai dengan apik dan tentu saja agar rangkaian bunga tersebut tetap berada dalam kondisi segar dalam kurun waktu yang cukup lama.

Cara Baru Mencangkok Tanaman Dengan Bahan Floral Foam

Floral foam merupakan batu yang dibentuk melalui proses dengan temperatur yang sangat tinggi dan dicampur pewarna.

Floral foam  ada dua jenis, yaitu kering dan  basah. Disebut tipe kering karena sama sekali tidak menyerap air sedangkan floral foams tipe basah mampu menyerap air dengan cepat dan menyimpan air tersebut di dalam ruang pori di dalam material fisiknya. Floral foam jenis basah digunakan karena dapat  menyerap dan bisa menyimpan.

 

Floral foam banyak digunakan karena kemudahan dan kelebihanya. Para pengkreasi penyedia rangkaian bunga segar manyatakah beberapa kelebihan pengunan bahan ini. Diantaranya daya simpan airnya yang sangat tinggi serta mempunyai ruang pori yang sangat banyak. Untuk diterapkan dengan metode  cangkok, perkembangan akar lebih mudah tumbuh sebab tersedianya air yang  tinggi dalam media cangkok. Material atau bahan floral foam tidak keras tapi lembut dan empuk kuat  dan mudah  akar muda tanaman tembus ke bawah. Dengan begitu, pertumbuhan akar lebih cepat dan terlihat dengan baik.

 

Cara memperoleh floral foam

Cara mudah untuk mendapatkan  floral foam tersedia di toko bunga dan toko pertanian yang lengkap.

Dengan floral foam  anda dapat menghemat pengeluaran untuk mencangkok banyak bibit sebab bahannya murah dan mudah didapatkan. dengan jumlah cangkokan yang dapat dibuat, maka biaya yang dikeluarkan ternyata relatif murah, berkisar antara Rp 200 hingga Rp 600 untuk membuat satu bibit cangkok. Selamat mencoba.

Click to comment

Tinggalkan Balasan