Ayam

Berikut Cara Beri Pakan Ayam Kampung dengan Benar dan Optimal

Ternak Ayam kampung bisa dibilang susah gampang, tergantung ketelatenan merawatnya, mulai memberi pakan, vitamin dan obatnya. yang baik dan terukur mempengaruhi pertumbuhan normal ayam kampung yang maksimal. Sebaliknya, bila tidak terukur dapat menyebabkan perkembangan tidak optimal dan kerugian bisa terjadi.

Berikut adalah tips dan cara memberi pakan ayam kampung biar peternakan produksi ayam semakin maksimal dan menguntungkan:

 

1. DOC Ayam Kampung Usia 1-25 Hari

Awal ayam menetas adalah masa awal pertumbuhan, inilah fase memberikan pakan secara rutin sampai umur 25 hari. usahakan usia DOC ayam ini selalu dikontrol pertumbuhannya apakah normal atau tidak, sebab masa ini adalah masa terbaik dan berpertpengaruh pada pertumbuhan berikutnya.

Pada masa ini jenis makanan dapat menggunakan pakan jenis pre-starter berbentuk mesh atau tepung (BR1 yang dihaluskan). sebab pakan ini sangat mudah dicerna oleh anak ayam DOC.

 

2. Pakan Ayam Kampung Umur 21 Hari-3 Bulan

Usia umur 25 hari – 3 bulan diutamakan diberi pakan basah dan kering pada waktu pagi dan pakan kering pada sore hari. Dua kali itu sudah cukup waktu makan dan menghemat waktu kita.

Sebaiknya dikasih pakan  menggunakan jenis starter yang berbentu butiran kecil atau scrumble.

3. Pakan Ayam Dara

Baca Juga :  Peluang Bisnis Ayam Kampung Sangat Menjanjikan dari Banyaknya Permintaan

Pada ayam ini usahakan saat kita memberikan makanan untuk menggunakan wadah dan pola makan ayam diatur yaitu 2x sehari. Sama seperti saat ayam berumur 21 hari-3bulan, waktu pemberian makan ini yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Ada baiknya  jenis pakan yang digunakan adalah pakan finisher berupa campuran biji-bijian dan pelet.

 

4. Takaran Pakan Ayam Indukan / Petelur

Pada ayam indukan, cara memberikan makannanya adalah dengan selalu menyiapkan makanan di segala sudut kandang. Sebab ayam indukan/petelur hanya makan selama 1x sehari dan rata-rata itu hanya pada pagi hari saja.

 

Cara memberikan pakan pada ayam kampung sudah terbahas, berikut  cara memberikan pakan ternak pada ayam kampung agar ayam kebal terhadap serangan penyakit :

1. Berikan Pakan Yang Masih Fresh

Adalah keharusan memberikan makanan yang masih baru/fresh. Pakan yang sudah berjamur dan bau berakibat  menurunkan kadar vitamin yang ada dalam pakan ayam tersebut. Dalam hal ini menimbulkan penyakit pada ayam. Makanan yang  berjamur dan bau tidak sedap menyebabkan  nafsu makan ayam menurun, dan menjadi rentan terserang penyakit dan menular ke ayam yang lain.

 

2. Berilah Pakan ayam  Sesuai Nutrisi

Nutrisi yang cukup mempercepat waktu pemeliharan ayam dan menghemat biaya produksi peternakan.

Baca Juga :  Cara Bisnis Ternak Ayam Potong Broiler dan Menguntungkan

 

3. Beri Pakan 3/4 dari wadah

Memberi pakan pada ayam dengan kadar 3/4 dari batas ketinggian tempat makan akan mencegah pakan ayam mudah tumpah yang berakibat membuang pakan dan berakibat biaya pakan yang membengkak.

 

4. Beri Pakan Sesuai Dengan Porsi

Tahu porsi pakan sesuai dengan usia ayam sangatlah penting. Sebab bila terlalu banyak memberikan pakan kepada ayam kita maka malah akan membuat nafsu makan ayam berkurang pada pemberian makan selanjutnya.

 

5. Kedisiplinan Peternak

Selain kualitas  makanan yang diasupkan pada ayam ternak kampung, kedisiplinan memberikan pakan oleh peternak sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ayam.

Berikut sikap peternak sukses yang  harus dipenuhi supaya sukses:

a. Perhatikan jadwal beri pakan , jangan sampai telat walaupun satu hari. Kondisi kesehatan ayam lakukan tiap hari utamanya perut, kaki dan kaki.

b. Telaten memberi pakan, telaten cek kesehatan, dan jangan terburu buru dan gugup. Konsultasikan kepada dokter hewan bila terjadi wabah menyerang ayam sebelum menjalar.

c. Pakailah masker bila anda tidak sehat, sepaya ayam tidak tertular. Alangkah baiknya menyuruh orang yang sehat bila anda sakit, sebab bisa menular.

d. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk kasih makan ayam. Andapun juga boleh beri pakan ayam sebanyak 3x dalam sehari.

Baca Juga :  Lokasi Ideal Kandang Budidaya Ayam Petelur, Layer dan Broiler

Usaha ternak ayam membutuhkan kedisiplinan tinggi, sebab ternak ayam kampung butuh kesabaran utamanya memberikan pakan yang baik, benar dan gizipun tercukupi untuk target panen.

 

Demikian dulu Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik, semoga peternak indonesia semakin maju dan berdaya saing tinggi.

 

Tag:

    trik kasi makan ayam teenak (2)cara kasih makan ayam kampong (2)berapa kali memberi pakan ayam sehari (1)doc broiler di beri makan apa (1)cr memberi pakan yg tepat untuk ayam kampung petelur (1)cara menberi pakan yang baik pada ayam kampung (1)Cara memberi vitamin pada ayam kampung (1)cara memberi vitamin ayam kampung (1)carA memberi pakan yang baik dan benar untuk ayam doc (1)Cara memberi pakan ayam agar tidak tumpah (1)cara memberi makan pada ayam kampung petelurg (1)cara memberi makan ayam (1)Waktu yang baik untuk ngasih makan ayam (1)cara berikan pakan ayam umur 1 hari sampai 21 hari yg betul (1)cara benar ngasih pakan ayam doc (1)Campuran pakan ayam kampung umur satu bulan (1)beri pakan ayam sehari berapa kali (1)berapa sehari ngasih pakan ayam (1)Berapa kali sehari beri pakan anak ayam kampung umur satu bulan (1)Berapa kali memberikan pakan ayam kampung sehari (1),

    Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close