Toga, Herbal & Kesehatan

Apa Saja Ciri-Ciri Bawang Merah Itu? Baca Disini

Apa-Saja-Ciri-Ciri-Bawang-Merah-Itu-Baca-Disini

Bawang merah atau bahasa latinnya adalah (Allium ascalonium L.) merupakan tanaman yang berasal dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Umbi dari tanaman bawang merah merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Kandungan yang terdapat pada umbi bawang merah antara lain adalah saponin, flavonglikosida, minyak atsiri, sikloaliin, dihidroaliin, sikloaliin, peptidan, serta bawang merah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan kita.

Ciri-ciri bawang merah ini mempunyai akar serabut, dengan daunnya yang berbentuk silinder berongga,. Umbinya berbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang merah ini terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Baca Juga :  Resep Permen Jelly dari Bunga Rosella, Cemilan Sehat untuk Keluarga

Manfaat bawang merah bagi kesehatan

Manfaat bawang merah bagi kesehatan antara lain adalah mencegah kanker prostat, mencegah esofagus dan kanker perut, mengatur tidur dan suasana hati, baik untuk jantung, mengontrol tekanan darah, menyembuhkan sembelit, menurunkan kolestrol, meredakan sakit tenggorokan, menurunkan resiko diabetes, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi wasir, serta mengurangi resiko gangguan hati.

Selain manfaat untuk kesehatan, bawang merah juga mempunyai manfaat untuk kecantikkan antara lain mencegah penuaan dini, mencegah dan mengobati jerawat, mencerahkan wajah, menjaga kecantikkan rambut, mengatasi rambut rontok, serta merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga :  Tempat Pendaftaran BPJS Kesehatan Nasional

Oh ya, bawang merah juga dapat menghilangkan flek hitam dan pigmentasi juga lho. Caranya buatlah pasta dari bawang merah yang dicampurkan dengan yogurt segar, lalu oleskan pada wajah dengan cara memijatnya, kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit, setelah itu bilaskan dengan menggunakan air bersih.

Bawang merah ini juga dapat mengatasi ketombe. Caranya sediakan jus bawang merah yang sudah dicampurkan dengan lemon, dadih, lalu tambahkan beberapa tetes madu, kemudian oleskan pada rambut anda, diamkan selama 30 menit, setelah itu bilaskan rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe hingga bersih.

Baca Juga :  Mengobati Disentri dan Mengatasi Kurang Darah Dengan Bayam

Nah, itulah pengertian dari bawang merah serta kandungan, ciri-ciri dan manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Ada juga cara untuk menghilangkan ketombe dan menghilangkan flek hitam. Bagaimana caranya mudah saja bukan? Kalau begitu selamat mencoba dirumah ya dan semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

Tags

agro

Iklan dan Review produk, anda bisa menghubungi agroniagacom@gmail.com

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close