Agro Techno Park Jadi Percontohan

Diposting pada

Agro Techno Park (ATP) di Sumsel diharapkan menjadi pusat transfer teknologi pertanian kepada masyarakat dan pusat percontohan pertanian terpadu untuk skala nasional dan internasional, kata Kepala Balai ATP Husin Adam.

Seusai mengantar para peserta rapat koordinasi nasional riset dan teknologi di Palembang, Selasa (3/9), Husin Adam, mengatakan, model pertanian terpadu yang dikembangkan adalah keterpaduan beberapa kelompok komoditi pertanian, peternakan, dan perikanan dengan berprinsip zero waste atau tak ada bahan terbuang.

Baca :  Pengembangan Agroindustri Peternakan Sapi Targetkan Cukupi 90% Kebutuhan Daging Nasional

Prinsip tersebut dilakukan dengan pengelolaan pertanian, mulai dari penanaman hingga pasca-panen, pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak, serta pemanfaatan limbah ternak menjadi bioenergi dan pupuk yang berguna bagi pertanian.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel Mahyuddin mengatakan Pemprov Sumatera Selatan berharap ATP seluas 1.000 hektare di sebelah barat kota Palembang itu selain bisa menjadi model percontohan pertanian terpadu, juga mampu menumbuhkan agroindustri di Palembang. (Sinar harapan

Tinggalkan Balasan